Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Politisi Golkar Usul, Posisi Sekda DKI Diisi Orang Betawi

Rabu, 7 Oktober 2020 15:11 WIB
Politisi Golkar Usul, Posisi Sekda DKI Diisi Orang Betawi

RM.id  Rakyat Merdeka - POLITISI Partai Golkar, HR Chotibi Achyar menyoroti kursi Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang masih kosong sepeninggal almarhum Saefullah. Dia mengusulkan posisi itu diisi putera asli Jakarta atau orang Betawi.

“Saya usulkan sosok orang Betawi, karena ini bagian penghormatan bagi orang Betawi yang notabane sebagai penduduk asli Jakarta,” kata dia di Jakarta.

Baca juga : Waspadai Penularan Covid-19 Dari Orang Terdekat

Chotibi, yang akrab disapa Haji Beceng atau Betawi Cengkareng ini, menganggap orang Betawi mengerti seluk beluk Jakarta. Sementara di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Ja-karta, cukup banyak Aparatur Sipil Negara (ASN) yang merupakan warga asli Jakarta.

“Banyak orang Betawi di Pemerintahan DKI Jakarta sesuai kepangkatan dan pengalamannya mumpuni di birokrasi, dan sudah pantas dan patut mengisi jabatan Sekda yang saat ini kosong,” ujar Chotibi yang juga anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta.

Baca juga : Banjir Doa Untuk Dino dan Sekda DKI Jakarta

Dia yakin, dengan figur Sekda DKI yang notabene orang Betawi, bakal mampu menjalin komunikasi dengan para wakil rakyat di Kebon Sirih.

Untuk itu, dia meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secepatnya mengusulkan nama ke Presiden Jokowi, segera memilih Sekda definitif. Pasalnya, banyak persoalan di Jakarta yang saat ini, seperti Covid-19 dan pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2021.

Baca juga : Rita Johal, Kepergok Ngedate Dengan Petinju

Terkait hal ini, aktivis Badan Musyawarah (Bamus) DKI yang juga Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Jakarta Pusat, Agus Rachman mengatakan, semenjak Saefullah wafat, figur kepemimpinan di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lepas dari sosok orang Betawi. Dia mengusulkan, pengganti Saefullah agar diisi orang Jakarta asli.

Menurut dia, Bamus Betawi telah mewacanakan calon Sekda DKI mendatang dalam forum Zoom meeting, untuk membahas beberapa calon posisi ini dengan tidak menyebut nama. Namun hakekatnya, harus pejabat karier yang telah banyak tahu seluk beluk birokrasi dan memajukan masyarakat Jakarta. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.