Dark/Light Mode

Pasca Unjuk Rasa, Anies Tinjau Progres Pembersihan Fasum Di Bunderan HI Dan Simpang Lima Senen

Jumat, 9 Oktober 2020 16:25 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau fasilitas umum di Bunderan HI dan Simpang Lima Senen yang rusak akibat aksi demo, Jumat (9/10). (Foto: DKI Jakarta)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau fasilitas umum di Bunderan HI dan Simpang Lima Senen yang rusak akibat aksi demo, Jumat (9/10). (Foto: DKI Jakarta)

 Sebelumnya 
Selain halte, beberapa ruko dan Gedung Bioskop Grand Theatre Senen di kawasan Simpang Lima Senen, Jakarta Pusat, juga terbakar sehingga menimbulkan kerugian materi yang masih dilakukan review dan penghitungan.

Anies memberikan perhatian khusus bagi ruko-ruko yang terbakar karena kabanyakan ruko tersebut merupakan produsen buku dan penerbitan.

Baca juga : Mahasiswa Persoalkan Pembelian Saham Kookmin Bank Di Bukopin

Ia mengatakan terenyuh menyaksikan buku-buku terbakar. Ini adalah materi ajar, materi pembelajaran sehingga terbakarnya buku itu punya makna yang berbeda. "Kita semua dan mereka mengalami kerugian ekstra ketika buku-buku itu terbakar karena di sana ada ilmu, ada kesempatan pembelajaran bagi anak-anak kita dan usaha usaha buku ini adalah usaha mikro kecil,” paparnya.

Anies turut menyampaikan, selain akan memperbaiki kerusakan fasilitas umum, pihaknya juga akan memberikan bantuan bagi pengusaha yang terdampak langsung aksi unjuk rasa tersebut.

Baca juga : Penjelasan Terawan Soal Proses Pemilihan KKI yang Diprotes IDI

Ia mengatakan nanti di Pemprov, akan panggil semua pengusaha yang terdampak akibat kejadian kemarin, yang punya usaha perbukuan dan lainnya nanti akan kita bantu untuk dapat permodalan agar mereka bisa kembali aktivitas lagi. "Nanti pinjaman-pinjaman modal kita akan bantu sehingga mereka bisa segera memulai kembali usahanya apalagi ini terkait perbukuan,” lanjutnya.

Perlu diketahui, kebakaran yang terjadi di eks bioskop Grand Theatre Senen, yang dekat kawasan Simpang Lima Senen, telah merambat ke empat ruko di belakangnya termasuk dua toko buku sekaligus tiga halte bus Transjakarta. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.