Dark/Light Mode

Kuota Masih Tersisa Untuk 104.391 Orang

Yang Belum Daftar Uji Coba MRT, Ayo Buruan!

Selasa, 12 Maret 2019 12:59 WIB
Warga Jakarta tampak menikmati pengalaman pertama menjajal moda transportasi baru di Ibukota, MRT Jakarta, dalam uji coba hari pertama, Selasa (12/3). (Foto: Marula Sardi/Rakyat Merdeka)
Warga Jakarta tampak menikmati pengalaman pertama menjajal moda transportasi baru di Ibukota, MRT Jakarta, dalam uji coba hari pertama, Selasa (12/3). (Foto: Marula Sardi/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari ini, Selasa (12/3), Moda Raya Terpadu (MRT) mulai beroperasi gratis dalam jumlah terbatas. Ada 4 ribu warga yang telah terdaftar di hari pertama uji coba, dengan 98 perjalanan kereta dua arah. Uji coba publik ini dilakukan sampai 24 Maret, dengan total penumpang 285.600 orang.

Jam operasional MRT uji coba ini dimulai pukul 8 pagi hingga 4 sore, dengan headway atau waktu antar perjalanan 10 menit. 

Saat ini, sudah 13 stasiun resmi dibuka. Walaupun ada beberapa yang masih dalam proses pengerjaan. Misalnya saja, di pintu masuk Stasiun Setiabudi. Saat ini, sedang ada pengerjaan trotoar di Stasiun Setiabudi. Para pekerja masih memasang batu-batu alam lapisan terluar trotoar. Begitu juga pada stasiun melayang. Bagian bawah Stasiun Sisingamangaraja, juga masih dalam proses pengerjaan.

Baca juga : “Terima Kasih Pak Jokowi” Diulang Aisyah Berkali-kali

"Masih ada beberapa eskalator yang belum difungsikan dengan alasan keamanan. Tapi, secara keseluruhan, MRT Jakarta sudah siap beroperasi. Uji publik ini akan menjadi ajang evaluasi hari per hari, sampai kami mengangkut kapasitas penuh 28.500 penumpang per hari," ujar Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sakuibandar di Jakarta, Selasa (12/3).

PT MRT Jakarta menyebutkan, uji coba ini dapat diikuti oleh 285.600 orang yang ingin mencicipi sensasi moda transportasi massal baru di Ibukota. Hingga Selasa (11/3) pukul 20.00 WIB malam, 181.209 orang telah mendaftarkan diri untuk mengikuti uji publik tersebut. Dengan demikian, kuota masih tersisa untuk 104.391 orang.

"Sebagian besar pendaftar uji coba, memilih Stasiun Bundaran Hotel Indonesia dan Stasiun Lebak Bulus sebagai titik keberangkatan, dengan jumlah pendaftar masing-masing sebanyak 46.553 orang dan 38.968 orang. Masyarakat yang belum mendapatkan tiket, dapat mencoba pendaftaran untuk tanggal keberangkatan 18-22 Maret 2019,” ujar Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan PT MRT Jakarta, Muhamad Kamaludin.

Baca juga : Ratna Sarumpaet Jalani Sidang Lanjutan Kasus Penyebaran Hoaks

Dijelaskan, MRT Jakarta memberlakukan kuota dengan mempertimbangkan aspek kenyamanan, keamanan, dan keselamatan masyarakat yang berpartisipasi dalam uji coba ini. PT MRT Jakarta memiliki kewenangan dalam mengatur jumlah kuota, berdasarkan perkembangan kondisi di lapangan.

“Diharapkan, melalui uji coba ini, masyarakat dapat merasakan pengalaman awal sebelum MRT Jakarta beroperasi secara komersial. Selain itu, MRT Jakarta juga ingin mendapatkan masukan untuk meningkatkan kualitas layanan,” ujar Kamaludin.

"Kehadiran MRT Jakarta diharapkan tidak hanya mampu meningkatkan mobilitas masyarakat, tetapi juga dapat memberikan manfaat tambahan lainnya. Seperti perbaikan kualitas udara, dan mendorong perubahan gaya hidup masyarakat dari kendaraan pribadi ke transportasi publik,” imbuhnya.

Baca juga : Besok Menteri Luhut Dan Menhub Bertemu, Bahas Pesawat Boeing 737 Max 8

Pendaftaran uji publik MRT, telah dibuka sejak Selasa (5/3) pekan lalu, mulai pukul 10.00 WIB. Pendaftaran ini akan terus dibuka hingga 23 Maret mendatang, melalui laman web www.jakartamrt.co.id atau www.ayocobamrtj.com. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.