Dark/Light Mode

Bolehnya, Nasi Berkat Atau Besek

Acara Resepsi Pernikahan Di Gedung, Makan Minum Tak Boleh Prasmanan

Senin, 16 November 2020 14:29 WIB
Ilustrasi resepsi pernikahan di masa pandemi Covid-19, yang berlangsung di gedung. (Foto: Antara)
Ilustrasi resepsi pernikahan di masa pandemi Covid-19, yang berlangsung di gedung. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - DKI Jakarta kembali melonggarkan sejumlah sektor di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi. Antara lain, dengan mengizinkan resepsi pernikahan di gedung.

Hingga saat ini, sudah ada 22 tempat pernikahan dalam ruangan yang telah mengajukan izin ke Disparekraf, untuk menggelar resepsi pernikahan di gedung pertemuan dan hotel.

Di antara 22 tempat itu, baru Hotel JW Marriot dan Ritz Carlton yang izinnya sedang dipersiapkan oleh dinas. Yang lainnya, masih dalam tahap evaluasi.

Baca juga : Kapolda Jabar: Acara Rizieq Di Megamendung Banyak Abaikan Protokol Kesehatan

Meski telah memberi izin untuk penyelenggaraan resepsi pernikahan di gedung, Disparekraf DKI masih melarang penyajian makanan dan minuman secara prasmanan.

Kepala Bidang Industri Pariwisata Disparekraf DKI Jakarta Bambang Ismadi menyebut, prasmanan dapat diganti dengan model tamu-tamu dilayani petugas untuk pengambilan makanan.

"Prasmanan belum boleh. Itu ada protokol kesehatannya. Yang boleh adalah dilayani untuk pengambilan makanan. Jadi, tamunya diam dan makanannya diantar oleh pelayan," ucap Bambang dalam keterangannya, Senin (16/11).

Baca juga : Basarah : Isi Perjanjian RI Dengan China Mesti Setara 

Atau, lanjut Bambang, konsumsi bagi tamu di resepsi pernikahan dapat dilakukan dengan menu makanan kemasan. Misalnya dengan nasi dus.

"Kalau tidak dengan pelayan, bisa dengan berkat atau besek istilahnya. Itu pilihannya," tambah Bambang.

Pemprov DKI Jakarta diketahui telah mempersiapkan14 aturan protokol kesehatan yang harus dipatuhi oleh penyelenggara resepsi pernikahan. Berikut rinciannya: 

Baca juga : Pelanggaran Perdagangan Online Naik Selama Corona

1. Memastikan penyedia gedung menyediakan metal detector atau x-ray untuk mendeteksi barang-barang yang dibawa, dan melakukan pemeriksaan suhu tubuh tamu menggunakan pemindai suhu atau thermo-gun.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.