Dark/Light Mode

Agar Tak Salah Tilang, Yang Jual Mobil Segera Lapor Samsat

Polisi Perbanyak CCTV Awasi Pelanggar Lalin

Kamis, 28 Januari 2021 07:08 WIB
Kendaraan melintas di bawah kamera Closed Circuit Television (CCTV) di Jalan Sultan Agung, Jakarta. (Foto: ANTARA/Aprillio Akbar/rwa)
Kendaraan melintas di bawah kamera Closed Circuit Television (CCTV) di Jalan Sultan Agung, Jakarta. (Foto: ANTARA/Aprillio Akbar/rwa)

 Sebelumnya 
“Subjek hukum dari penegakan hukum adalah setiap orang, jadi yang akan dijadikan tersangka atau terdakwa adalah orang yang melakukan pelanggaran sehingga data base kendaraan bermotor harus valid,” ujar Budiyanto, kemarin.

Budiyanto menuturkan, penilangan terhadap pelanggar lalu lintas di jalan akan dihapus. Polri akan mengintensifkan penegakan hukum dengan sistem ETLE.

Baca juga : Perketat Pengawasan PPKM, Tindak Tegas Pelanggar Prokes Di Ruang Publik

Dia menyarankan, agar program tersebut berjalan dengan baik, perlu ada perbaikan-perbaikan terhadap beberapa komponen dan fasilitas. Misalnya, basis data kendaraan bermotor harus dipastikan sesuai dengan pemiliknya. Selanjutnya, infrastruktur ETLE berupa CCTV dan fasilitas pendukungnya seperti criminal justice system, back office, dan control room.

Menurut Budiyanto, tingkat akurasi bidikan kamera CCTV mutlak harus sempurna. Karena, akan dijadikan alat bukti di pengadilan.

Baca juga : PUPR Targetkan Triwulan I Bisa Serap 20 Persen Anggaran

“Kemudian yang tidak kalah pentingnya sosialisasi terhadap masyarakat secara luas untuk memahami program tersebut secara pasti,” tandasnya.

Seperti diketahui, saat ini, Polda Metro Jaya sudah memiliki 53 kamera pengawas atau CCTV sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di sejumlah titik. Yakni, di sepanjang Jalur Kota Tua-Gajah Mada-MH Thamrin-Sudirman-Blok M-Senayan, di Jalur Grogol-Pancoran.

Baca juga : Angka Kematian Tinggi, IDI Analisis Pola Penyebaran Covid di Klaster Tenaga Medis

Kemudian, di Jalur Halim-Cempaka Putih dan di sepanjang jalan Rasuna Said, Prof Dr Satrio dan Gunung Sahari. Tahun ini, Polda Metro Jaya berencana menambah 50 kamera ETLE pada pengembangan tahap ketiga sistem penegakan hukum lalu lintas berbasis elektronik itu, di wilayah Jakarta. Termasuk, di jalan tol dan jalur busway. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.