Dark/Light Mode

Bisa Pakai Kartu Uang Elektronik, Diskon 50 Persen Selama April 2019

Mulai Hari Ini, Naik MRT Bayar

Senin, 1 April 2019 08:25 WIB
Suasana di Stasiun MRT Bundaran HI saat masa uji coba, Rabu (20/3).  (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka)
Suasana di Stasiun MRT Bundaran HI saat masa uji coba, Rabu (20/3). (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mulai hari ini, Senin (1/4), MRT Jakarta diberlakukan secara komersial. Selama sebulan pertama berbayar, atau hingga 30 April 2019, penumpang akan mendapatkan potongan sebesar 50 persen dari tarif yang telah ditentukan. Sebelumnya, pada 26 Maret lalu, Pemprov DKI Jakarta dan DPRD DKI Jakarta telah menyepakati tarif MRT Jakarta berdasarkan jarak antar stasiun. Termurah Rp 3 ribu, termahal Rp 14 ribu.

Besaran Tarif MRT Jakarta

Besaran tersebut telah dituangkan dalam Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No. 34 Tahun 2019 tentang Tarif Angkutan Perkeretaapian Mass Rapid Transit dan Kereta Api Ringan/Light Rail Transit.

Baca juga : Tangsel Top Juara Lagi

"Terhitung mulai 1 April 2019, masyarakat yang akan menggunakan layanan MRT Jakarta dapat memilih beberapa alternatif metode pembayaran," kata Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta Muhamad Kamaludin, melalui ketrerangan tertulisnya, Minggu (31/3).

Metode pembayaran yang pertama adalah Kartu MRT Jakarta Jelajah Single Trip. Kartu ini, dapat diperoleh di mesin tiket otomatis (ticket vending machine) atau loket tiket (ticket sales office) yang ada di seluruh Stasiun MRT Jakarta.

Baca juga : BNPB: 35 Korban Banjir Bandang Sentani Belum Teridentifikasi

Selain itu, masyarakat juga bisa menggunakan Kartu Uang Elektronik Bank yaitu JakLingko, E-Money (Bank Mandiri), Brizzi (BRI), Tap Cash (BNI), Flazz (BCA), dan JakartOne (Bank DKI).

"Kartu MRT Jelajah Multi Trip belum diperjualbelikan, karena masih dalam proses perizinan," terang Kamaluddin.

Baca juga : Gunung Merapi Keluarkan 5 Guguran Lava Pijar

Kereta MRT pertama akan berangkat dari Stasiun Lebak Bulus pada 05.30 WIB, dengan jarak antar keberangkatan (headway) 10 menit. Sedangkan kereta MRT terakhir, berangkat dari Stasiun Bundaran HI menuju Lebak Bulus pada pukul 22.01 WIB. [HES]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.