Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bareng Bupati Zaki, BGS Tinjau Vaksinasi Lansia Di Mall Ciputra Tangerang

Sabtu, 27 Maret 2021 21:09 WIB
Vaksinasi lansia di Mall Ciputra Tangerang. (Foto: Humas Kemenkes)
Vaksinasi lansia di Mall Ciputra Tangerang. (Foto: Humas Kemenkes)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (BGS) didampingi Bupati Tangerang Ahmad Zaki Iskandar dan Direktur Ciputra Residence Budiarsa Sastrawinata meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi lansia berusia 60 tahun ke atas, yang ber-KTP atau berdomisili Kabupaten Tangerang di Mall Ciputra Tangerang, Sabtu (27/3).

"Saya sangat terharu sekali, dengan kegiatan vaksinasi hari ini, karena banyak lansia yang antusias datang,” kata BGS. 

Kegiatan vaksinasi yang menyasar sekitar 3.000 lansia digelar dalam waktu hampir 2 minggu, terhitung 16-27 Maret 2021. Dengan target harian sasaran sekitar 200-300 lansia.

Baca juga : Bio Farma Pastikan Kualitas Vaksin Covid AstraZeneca Tetap Terjaga

Untuk itu, Kementerian Kesehatan akan mengupayakan untuk menambah ketersediaan vaksin bagi daerah-daerah, yang mempercepat cakupan vaksinasi lansia. Agar tidak terjadi antrean, proses pendaftaran dilakukan secara online melalui website Ciputra Hospital.

Calon peserta juga bisa datang langsung ke lokasi vaksinasi yang terletak di Ground Floor Mall Ciputra, dengan catatan harus sesuai dengan syarat yang telah ditetapkan.

Sebelumnya, pemerintah telah mengeluarkan aturan bahwa vaksinasi bagi lansia harus dilaksanakan di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes). Namun, karena kapasitasnya tidak mencukupi, pemerintah berupaya menghadirkan vaksinasi di beberapa lokasi - termasuk di mall - dengan harapan cakupannya lebih luas dan cepat.

Baca juga : Bupati Zaki Optimis 15 Ribu Warga Divaksin Dalam Sehari

“Memang, tadinya kita mulai di RS dan Puskesmas, tapi setelah kita ukur, kemampuannya tidak cukup. Jadi, kita coba di beberapa sentra-sentra seperti Istora dan sekolah. Kita berbicara dengan asosiasi mall, kenapa nggak coba di mall. Karena mall itu kan umumnya luas, angkutan gampang, orang datang kesana kan nyaman. Ini juga bisa membantu kegiatan ekonomi,” terangnya.

Sejauh pelaksanaan vaksinasi, semua berjalan dengan aman dan lancar.

Untuk membantu pelayanan vaksinasi, penyelenggara telah menyiagakan sekitar 20 orang termasuk dokter, vaksinator, dan administrasi. Juga disiapkan mini ICU dan ambulance, demi mengantisipasi hal yang tidak diinginkan pasca penyuntikan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.