Dark/Light Mode

Balik Mudik Lebaran, 3 ART Sunter Agung Positif Covid

Jumat, 21 Mei 2021 11:48 WIB
Ilustrasi swab test antigen (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Ilustrasi swab test antigen (Foto: Dwi Pambudo/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tiga asisten rumah tangga (ART) di wilayah Kelurahan Sunter Agung, Jakarta Utara dinyatakan positif Covid-19, setelah balik mudik Lebaran.

Lurah Sunter Agung Danang Wijanarka mengatakan, mereka positif setelah diminta melakukan tes Covid-19 oleh orang yang mempekerjakannya di RW 08 dan RW 16.

"Sejauh ini, sudah 3 orang yang positif setelah kembali dari kampung halaman ke Jakarta. Semalam, ada dua di RW 16, tadi pagi ada satu lagi yang ketahuan positif di RW 08," kata Danang kepada Antara di Jakarta, Jumat (21/5).

Baca juga : Pasca Lebaran, Penumpang Kapal Tujuan Pulau Jawa Wajib Bawa Surat Negatif Covid

Untuk penanganan warga yang positif di RW 16, Lurah Sunter Agung sudah berkoordinasi dengan Kepala Puskesmas setempat pada Kamis (20/5) malam. Ia meminta dikirim ambulans dari Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok, untuk membawa ART yang positif Covid-19 di wilayah Kelurahan Sunter Agung tersebut.

Danang mengatakan, Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok berencana mengirim ambulans pada Jumat (21/5) pagi, untuk membawa pemudik yang positif Covid di RW 16 ke Tower 4 Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Hari ini, kami juga masih berkoordinasi dengan Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok untuk mengangkut ART yang di RW 08 ke Tower 4 RS Darurat Wisma Atlet. Kalau di RW 16, itu semuanya sudah saya koordinasikan. Hari ini bisa kami angkut juga," kata Danang.

Baca juga : Prancis Larang Demo Dukung Palestina

Menurutnya,  penanganan pemudik yang kembali ke Jakarta harus dilakukan secara cermat, agar tidak sampai menyebar ke warga yang tidak mudik. "Apalagi, sudah memasuki puncak arus balik. Kita harus cermat," kata Danang.

Danang meminta setiap Ketua RW di Kelurahan Sunter Agung, agar proaktif mendeteksi dini warga yang kembali ke Jakarta usai mudik.

"Terutama RW-RW yang permukimannya padat. Saya minta, Satgas Covid tingkat RW untuk  lebih mengoptimalkan deteksi dini. Lebih ekstra keras dalam menghadapi puncak arus balik. Di RW 05, Ketua RW-nya juga sudah proaktif. Pemudik yang balik juga dites antigen. Saya pantau juga," pungkas Danang. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.