Dark/Light Mode

Menjamur Di Pinggir-pinggir Jalan, Harga Beda-beda, Kualitas Sama, Waktu Keluar Hasilnya Beda-beda

Bisnis Alat Tes Corona Menggiurkan

Senin, 28 Juni 2021 07:20 WIB
Iklan tes Corona dengan beragam harga ditawarkan pihak klinik di Jalan Warung Buncit, Jakarta, Minggu (27/6/2021). Perang harga tes swab antigen dan PCR di kawasan tersebut, berkisar di harga 74 ribu-89 ribu. (Foto: Khairizal Anwar/RM)
Iklan tes Corona dengan beragam harga ditawarkan pihak klinik di Jalan Warung Buncit, Jakarta, Minggu (27/6/2021). Perang harga tes swab antigen dan PCR di kawasan tersebut, berkisar di harga 74 ribu-89 ribu. (Foto: Khairizal Anwar/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tidak selamanya pandemi bikin susah. Bagi sebagian orang, pandemi ini justru menjadi ladang bisnis baru. Salah satunya, bisnis tes Corona. Saat ini, bisnis tersebut sedang menjamur di pinggir-pinggir jalan Jakarta dan sekitarnya. Untuk menarik masyarakat, mereka membanting harga menjadi lebih ramah di kantong rakyat kecil.

Saat ini, tes Corona memang sedang banyak dibutuhkan masyarakat. Ada yang untuk memastikan terpapar tidaknya oleh virus asal China tersebut. Ada juga keterangan negatif Corona itu untuk kepentingan kerja atau perjalanan.

Nah, kondisi ini ditangkap para pelaku bisnis tadi. Mereka membuka tempat tes Corona, ada yang khusus rapid test, swab antigen, sampai PCR. Ada yang membukanya di klinik, ada juga yang bikin tempat baru di ruko yang mudah dilihat pengguna jalan. Mereka mempromosikan tesnya dengan memasang baliho atau spanduk yang mencantumkan harga tes.

Baca juga : Kerajaan Warteg Bahagia Fokus Di Bisnis Kuliner

Di kawasan Warung Buncit misalnya, ada tiga ruko yang berjejer menawarkan tes Corona ini. Pertama, OMDC Peduli Klinik Umum dan Gigi. Ruko yang identik berwarna merah jambu ini, memasang baliho besar di depannya dengan "Swab Antigen 89 Ribu".

Kedua, tepat di sebelahnya, ada Klinik Kirana Medika. Bukan hanya berdekatan, warna rukonya pun hampir identik, yakni merah marun. Di depannya terpasang banner "Swab Antigen 74 Ribu".

Ketiga, di sebelahnya lagi, ada ruko dengan banner biru memanjang bertuliskan "Dijamin Asli Kemenkes (Bukan Daur Ulang)".

Baca juga : Garuda Pede Bisnisnya Tak Akan Terganggu

Dengan harga miring yang ditawarkan, membuat tes Corona mereka selalu ramai. Kemarin, meski hari libur, sejak dibuka pagi hari, ratusan orang silih berganti datang. Antrean pun mengular. Sampai bahu jalan.

Untuk kecepatan hasilnya, di sini tidak bisa ditentukan. Terkadang bisa 1 jam, terkadang 2 sampai 2,5 jam. "Tegantung panjang antreannya, Mas," kata salah satu petugas.

Tidak hanya di ruko, di rumah sakit juga ada promo swab murah seperti ini. Salah satunya, di Rumah Sakit Jakarta Medical Center (JMC). Di depannya di pasang 2 spanduk ukuran besar, warna merah dan biru yang nyaris menutup gedung bergaya arsitektur Romawi itu. "Swab Antigen Rp 84 ribu. PCR," bunyi tulisan spanduk merah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.