Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kasus Kematian Pasien Covid-19 Naik 10 Kali Lipat

Pasukan Oranye Ikut Bikin Peti Mati Dan Kubur Jenazah

Kamis, 8 Juli 2021 06:20 WIB
Petugas Penanganan Prasana dan Sarana Umum (PPSU) saat membuat peti jenazah untuk pasien Covid-19 di Kelurahan Kayu Putih, Jakarta Timur, Selasa (6/7/2021). (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)
Petugas Penanganan Prasana dan Sarana Umum (PPSU) saat membuat peti jenazah untuk pasien Covid-19 di Kelurahan Kayu Putih, Jakarta Timur, Selasa (6/7/2021). (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Melonjaknya kasus kematian pasien Covid-19 di Ibu Kota membuat petugas pemakaman keteteran. Untuk mengatasi masalah itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menerjunkan pasukan oranye atau Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU).

Tugas pasukan oranye sejatinya menjaga kebersihan lingkungan dan merawat fasilitas umum. Peran pasukan oranye membantu penanganan Covid-19 terungkap setelah video anggota PPSU mengangkat peti mati pasien Covid-19 di kawasan Kwitang, Jakarta Pusat. Semula tidak ada yang tahu bahwa para pengangkat jenazah itu pasukan oranye. Sebab, mereka mengenakan Alat Perlindungan Diri (APD).

“Siapa sangka di balik berseragam serba putih putih itu adalah mereka yang biasa kalian sebut pasukan oranye,” ungkap seorang netizen mengomentari video itu.

Baca juga : Tekan Risiko Kematian Pasien Covid-19, WHO Rekomendasikan Obat Radang Sendi Actemra Dan Kevzara

Informasi dari netizen tersebut tidak salah. Pemprov DKI memang melibatkan PPSU membantu penanganan Corona. Misalnya, PPSU Kelurahan Sunter Agung, Jakarta Utara. Aparatur kelurahan Sunter menggelar pelatihan khusus penguburan kepada 25 anggota PPSU. Latihan ini untuk mengantisipasi adanya kemungkinan pasien Covid-19 meninggal saat isolasi mandiri. Sejak latihan, pasukan oranye ini sudah membantu pemakaman seorang pasien Covid-19 yang meninggal dunia saat isolasi mandiri.

Lurah Sunter Agung, Danang Wijanarko menerangkan, pihaknya membantu anggota PPSU menjadi tiga tim sukarelawan untuk membantu pengubur jenazah Covid-19. Setiap tim bekerja secara bergantian.

“Jika hari ini satu tim bekerja seharian, besoknya tim itu libur, digantikan tim lainnya,” jelasnya.

Baca juga : Pandemi Covid-19, Guardian Tawarkan Diskon Produk Perawatan Dan Kecantikan

Diakuinya, pemakaman jenazah bukan tugas pokok dan fungsi anggota PPSU. Namun, mengingat kondisi darurat, seluruh unsur harus berkontribusi, meskipun secara formal bukan tugasnya. Dia memastikan PPSU bertugas dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

“Mereka pakai APD lengkap, pemberian vitamin tidak putus. Kita perhatikan betul,” kata Danang.

Pasukan oranye di Jakarta Selatan (Jaksel) juga sama, diterjunkan bantu penanganan jenazah Corona.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.