Dewan Pers

Dark/Light Mode

Anies: Idul Adha Di Tengah Pandemi Covid, Keluarga Makin Terasa Penting

Selasa, 20 Juli 2021 14:34 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat mengimami shalat Idul Adha di kediamannya di Lebak Bulus, Jakarta Selatan. (Foto: Instagram).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat mengimami shalat Idul Adha di kediamannya di Lebak Bulus, Jakarta Selatan. (Foto: Instagram).

RM.id  Rakyat Merdeka - Dua kali sudah, kita melalui Hari Raya Idul Adha dalam situasi pandemi.

Makkah sepi, Arafah terbatas, haji terasa jauh. Rombongan berpeci tak nampak, jamaah berbahasa Indonesia tak terlihat. Haji tahun ini masih lengang. Begitu kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan lewat akun Instagram-nya.

Berita Terkait : Perayaan Idul Adha, KPK Larang Tahanan Makan Bersama

"Tapi, Idul Adha adalah kisah keluarga. Hikmah peristiwa keluarga Ibrahim AS. Sebuah keluarga luar biasa, yang sampai sekarang, 4300-an tahun kemudian, kisahnya tetap jadi mata air hikmah bagi kita. Pandemi ini seakan mengarahkan kita semua, untuk lebih menyadari unsur keluarga dalam Idul Adha," tutur Anies, Selasa (20/7).

Ia pun menyoroti fenomena keluarga-keluarga yang melaksanakan shalat Idul Adha di rumah.

Berita Terkait : HDCI Jakpus Salurkan 8 Ekor Sapi

Jika tidak ada pandemi, kata Anies, barangkali kita tidak memainkan peran ini di rumah-rumah kita.

"Shalat Idul Adha di rumah. Ayah jadi imam, anak jadi khatib. Begitu juga di rumah kami. Tadi pagi, Mikail (anak kedua Anies, Red) yang memberikan khotbah. Membahas tentang kepemimpinan Nabi Ibrahim. Dia kumpulkan bahan-bahan. Ditulis menjadi naskah khotbah, jadi rangkaian pesan penuh hikmah," papar Anies.

Berita Terkait : PM Inggris Apresiasi Pengorbanan Warga Muslim Di Tengah Pandemi Covid-19

"Begitu banyak keluarga yg melewati proses yang sama. Selalu ada hikmah yang muncul di balik semua ini. Itulah Idul Adha 1442H. Idul Adha bersama keluarga," imbuhnya.
 Selanjutnya