Dark/Light Mode

Tarif Kremasi Jenazah Corona Tembus Ratusan Juta

Bos DPRD: Lebih Jahat Dari Kartel Narkoba Dan Korupsi

Kamis, 22 Juli 2021 06:30 WIB
Ilustrasi kremasi jenazah Covid-19. (Foto: MNC Media)
Ilustrasi kremasi jenazah Covid-19. (Foto: MNC Media)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyediakan tempat kremasi jenazah Covid-19 gratis di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur, Jakarta Barat. Layanan ini diharapkan membantu warga yang tidak mampu membayar biaya kremasi jenazah.

Fasilitas tersebut akan mulai beroperasi pekan depan. Mesin krematorium ini diletakkan di dalam halaman kompleks TPU Tegal Alur.

“Proses kremasi hanya membutuhkan waktu dua jam dengan mesin yang bisa mencapai suhu 1.000 derajat Celsius. Tidak dipungut biaya karena ini merupakan pelayanan masyarakat,” ungkap Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto, di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Awas, Bisa Lebih Parah Dari Krisis Ekonomi 98

Tak hanya gratis, lanjutnya, keberadaan mesin itu untuk mengantisipasi melonjaknya permintaan pelayanan kremasi pada masa pandemi.

“Prinsipnya Pemerintah harus melayani seluruh masyarakat. Tidak melihat latar belakang agama, suku, ras dan lain-lain,” tegas Uus.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengingatkan pengelola tempat kremasi jenazah agar tidak mencari keuntungan di masa pandemi Covid-19.

Baca juga : Darurat Narkoba, Hukuman Pengedar Malah Dikurangi

“Tentukan tarif yang wajar dan terjangkau bagi kepentingan masyarakat banyak. Jangan ada lagi yang mematok harga tidak wajar atau berlebihan,” pinta Riza.

Politisi Gerindra ini meminta, seluruh pihak untuk saling tolong-menolong dan membantu terhadap sesama yang membutuhkan di tengah pandemi.

Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) Provinsi DKI Jakarta, Suzi Marsitawati mengakui, pihaknya banyak menerima keluhan dari warga mengenai tingginya biaya paket kremasi. Kondisi ini ter­jadi lantaran sedikitnya tempat kremasi dan banyaknya jenazah yang harus dikremasi.

Baca juga : Anies Sebut Pasien Covid-19 Lebih Cepat Memburuk Karena Varian Baru

Suzi mengungkapkan, ada tiga krematorium swasta di Jakarta yang saat ini tidak menerima kremasi jenazah Covid-19 yaitu, Grand Heaven, Pluit. Kedua, Daya Besar, Cilincing. Dan ketiga, Krematorium Hindu, Cilincing. Sementara itu, krematorium swasta yang menerima kremasi jenazah Covid-19 berada di luar Jakarta, seperti Oasis, Tangerang, Banten, Sentra Medika, Cibinong dan Lestari, Karawang, Jawa Barat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.