Dark/Light Mode

Agar Herd Immunity Di Ibu Kota Segera Tercapai

Saatnya DKI Pake Taktik Vaksinasi Door To Door...

Rabu, 18 Agustus 2021 06:30 WIB
Ilustrasi petugas Puskesmas melakukan vaksinasi Covid-19 kepada untuk warga. (Foto: Randy Tri Kurniawan/Rakyat Merdeka)
Ilustrasi petugas Puskesmas melakukan vaksinasi Covid-19 kepada untuk warga. (Foto: Randy Tri Kurniawan/Rakyat Merdeka)

 Sebelumnya 
Teguh mendorong Pemprov DKI Jakarta agar bekerja sama dengan Pemda penyangga Bodetabek melakukan pembersihan data vaksinasi Covid-19 di Jakarta. Sehingga, daerah penyangga seperti Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Depok, Tangsel dan Tangerang, bisa mengetahui lebih detail warga mereka yang sudah mendapat vaksin di Jakarta.

Menurutnya, pembersihan data tersebut tentu akan membuat sisi angka pencapain vaksinasi di Jakarta menurun. Hal itu harus diterima karena tujuan vaksinasi bukan perlombaan antar Pemda.

Baca juga : Kejar Herd Immunity, Banteng Bekasi Gelar Vaksinasi Covid-19

“Jumlah vaksinasi bukan bagian dari kontestasi daerah. Yang terpenting adalah tercapainya herd immunity di semua daerah aglomerasi,” ungkap dia.

Teguh juga mendorong Kementerian Kesehatan agar mendistribusikan vaksin Covid-19 secara merata ke daerah penyangga Jakarta. Hal ini untuk mencegah warga daerah penyangga datang ke Jakarta hanya untuk melakukan vaksinasi Covid-19.

Baca juga : Kejar Herd Immunity, Eriko Sotarduga Buka Sentra Vaksin Merdeka Di Jakpus

“Biarkan warga penyangga di urus oleh Pemda saja. Sehingga mereka juga bisa membuat program vaksinasi yang lebih mudah diakses seperti di puskesmas-puskesmas di wilayah mereka,” sarannya.

Jemput Bola

Baca juga : KAI Group Genjot Vaksinasi Covid Gratis Di Berbagai Kota

Polda Metro Jaya sempat ingin menerapkan strategi door to door untuk meningkatkan jumlah penerima vaksinasi di Ibu Kota. Tetapi, hal itu urung dilakukan karena semakin sedikit warga yang datang ke Gerai Vaksinasi Merdeka.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus menilai, warga yang datang ke sentra vaksinasi semakin sedikit karena banyak warga Jakarta yang telah menerima vaksin Covid-19.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.