Dewan Pers

Dark/Light Mode

Herd Immunity Diperkirakan Tercapai November

Bismillah, Pak Menkes Bisa...

Rabu, 7 Juli 2021 05:05 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin (Foto : Dokumentasi Humas Setkab)
Menkes Budi Gunadi Sadikin (Foto : Dokumentasi Humas Setkab)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kekebalan kelompok atau herd immunity diperkirakan akan tercapai Novem­ber 2021. Syaratnya, vaksinasi Covid-9 berjalan lancar.

Prediksi itu dilontarkan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. Kata dia, untuk menciptakan herd immunity, jumlah masyarakat yang telah divaksinasi harus mencapai 70 persen dari total jumlah pen­duduk.

“Atau sekitar 189 juta orang harus sudah divaksin. Itu (tercapai) November,” kata Budi.

Berita Terkait : Jangan Ada Kesan WNI Dan WNA Diperlakukan Berbeda

Kendati demikian, lanjut Budi, upaya untuk mencapai target tersebut sangat bergantung pada jumlah vaksin yang diterima oleh Indonesia.

Menurut Budi, target herd immunity pada November dapat dicapai apabila Indonesia memiliki 70 persen dari 363 juta dosis vaksin yang dibutuhkan.

“Artinya, sebanyak 260 juta dosis vaksin mesti tersedia satu bulan sebelumnya atau Oktober. Ada pun hingga saat ini, Indonesia baru menerima sekitar 70 juta dosis vaksin,” bebernya.

Berita Terkait : Alhamdulillah Ya...Ikan Sepat Ikan Gabus, Makin Cepat Makin Bagus

Sementara, sekitar 290 juta dosis vaksin akan diterima pada paruh kedua 2021. Setelah vaksin diterima, butuh waktu sekitar satu bulan untuk merampungkan vaksinasi.

“Mungkin stok yang Oktober itu akan habis disuntikkan di November. Jadi, kira-kira di November kita akan capai (herd im­munity),” tegas Budi.

Sementara, epidemiolog Universitas Airlangga (Unair) Windhu Purnomo men­gungkapkan, Indonesia masih sangat jauh mencapai herd immunity. Pasalnya, keterse­diaan vaksin masih minim dan varian virus Corona terus berkembang.

Berita Terkait : Di Singapura Tak Perlu Razia Untuk Pake Masker, Di Sini?

Untuk saat ini, kata Windhu, Indonesia terbentur dengan tantangan mendapatkan vaksin. Vaksin yang ada di Indonesia adalah vaksin yang diproduksi negara lain dengan jumlah terbatas.

Sementara vaksin Merah Putih yang dikembangkan Indonesia, masih dalam ta­hap uji praklinis atau pengujian pada hewan besar. Kemungkinan baru pertengahan tahun depan Indonesia memperoleh izin penggu­naan vaksin Covid-19 buatan sendiri.

“Untuk mencapai herd immunity, kita harus dapat vaksin Covid-19 dengan jumlah minimal 378 juta dosis atau 400 juta dosis,” sebut Windhu.
 Selanjutnya