Dewan Pers

Dark/Light Mode

Masyarakat Nggak Usah Pilih-pilih Ya

Semua Jenis Vaksin Aman, Halal Dan Berkhasiat

Selasa, 24 Agustus 2021 08:20 WIB
Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin Pfizer dosis pertama kepada Ibu hamil di Puskesmas Cilandak, Jakarta, Senin (23/8/2021). (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin Pfizer dosis pertama kepada Ibu hamil di Puskesmas Cilandak, Jakarta, Senin (23/8/2021). (Foto: Dwi Pambudo/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyediakan vaksin Pfizer dalam jumlah terbatas khusus untuk warga pemegang Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau berdomisili di Jakarta. Namun demikian, warga diminta untuk tidak pilih-pilih merek, karena semua vaksin Covid-19 sudah terbukti efektif mencegah kematian.

“Kabar gembira untuk warga Jakarta, kini vaksin Pfizer tersedia di wilayah kecamatan Cilan­dak,” tulis akun Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, kemarin.

Berita Terkait : Semua Merk Vaksin Covid Aman Dan Efektif

Selain di Puskesmas Kecamatan Cilandak, terdapat tiga lokasi lainnya yang melayani vaksinasi Covid-19 menggunakan vaksin Pfizer. Yakni, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Kesehatan Hang Jebat, Jakarta Selatan, Gedung Judo Kelapa Gading, dan Puskesmas Kelurahan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 dengan merek Pfizer, syaratnya tak jauh berbeda dari vaksin Moderna. Secara umum, syarat penerima vaksin Pfizer yakni warga ber-KTP DKI Jakarta atau berdomisili di DKI Jakarta dengan surat keterangan.

Berita Terkait : Sertifikat Vaksin Syarat Warga DKI Beraktivitas

Syarat berikutnya, belum pernah mendapat dosis pertama vaksin Covid-19, berusia di atas 18 tahun ke atas. Hingga kini, vaksin Pfizer belum direkomendasikan untuk usia 12-17 tahun. Pemerintah masih menunggu rekomendasi tertulis Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

Syarat selanjutnya, jika memiliki komorbid, membawa surat rekomendasi dokter spesialis yang merawat, dan terakhir, tidak berlaku untuk booster atau dosis ketiga.

Berita Terkait : Masyarakat Adat Ciptagelar Sukabumi Antusias Mengikuti Vaksinasi

Karena stok terbatas, Puskesmas Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, hanya menyediakan 60 dosis vaksin Pfizer per hari. Akun resmi media sosial Instagram resmi @puskesmaskecamatancilandak mengumumkan vaksinasi Pfizer di Puskesmas Kecamatan Cilandak berlangsung pukul 13.00-14.30 WIB. Sementara Puskesmas Kelurahan Lebak Bulus, Jakarta Selatan buka dari pukul 09.00-12.00 WIB.

Pendaftaran vaksinasi merek Pfizer dilakukan melalui online lewat aplikasi JAKI dan melalui link yang telah disediakan yakni https://bit.ly/pendaftaran­pfizercilandak dan https://bit.ly/pendaftaranpfizerlebakbulus.
 Selanjutnya