Dark/Light Mode

Masyarakat Nggak Usah Pilih-pilih Ya

Semua Jenis Vaksin Aman, Halal Dan Berkhasiat

Selasa, 24 Agustus 2021 08:20 WIB
Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin Pfizer dosis pertama kepada Ibu hamil di Puskesmas Cilandak, Jakarta, Senin (23/8/2021). (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin Pfizer dosis pertama kepada Ibu hamil di Puskesmas Cilandak, Jakarta, Senin (23/8/2021). (Foto: Dwi Pambudo/RM)

 Sebelumnya 
“Lebih baik dikhususkan saja peruntukan Pfizer ini. Seperti Moderna, khusus buat orang dengan autoimun atau penyakit lainnya. Kalau nggak, pasti orang rebutan dapat yang paling baik. Katanya, Pfizer ini kan paling efektif,” saran Edho, warga DKI Jakarta yang belum divaksin karena belum lama terpapar Covid-19 ini.

Benar saja, di hari pertama, saat Rakyat Merdeka berusaha mengakses link pendaftaran, kuota vaksin Pfizer di dua Puskesmas ini sudah full. Selain itu, di berbagai platform media sosial, vaksin Pfizer mendapatkan sambutan antusias.

Baca juga : Semua Merk Vaksin Covid Aman Dan Efektif

“Nah, mending ini deh. Daripada vaksin dari China. Ayo pada daftar sebelum stok habis,” begitu obrolan antusiasme warga terhadap vaksin Pfizer di sebuah grup WhatsApp.

Jangan Pilih-pilih

Baca juga : Sertifikat Vaksin Syarat Warga DKI Beraktivitas

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan, Widyawati mengungkapkan, Pemerintah baru mendistribusikan vaksin Pfizer untuk wilayah Jabodetabek.

“Tahap awal, vaksin didistribusikan untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Tangerang Selatan dan Bekasi,” kata Widyawati dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Baca juga : Masyarakat Adat Ciptagelar Sukabumi Antusias Mengikuti Vaksinasi

Wilayah Jabodetabek dapat prioritas, lanjut Widyawati, lantaran sistem distribusi vaksin merek ini yang lebih kompleks dibandingkan merek vaksin lainnya. Vaksin dengan platform mRNA ini butuh penanganan dan penyimpanan yang khusus. Misalnya, harus disimpan di dalam tempat dengan suhu antara minus 90 hingga minus 60 derajat Celcius. Selain itu, vaksin harus segera digunakan. Kemudian, vaksinasi hanya bisa dilakukan petugas yang handal mencairkan dan mengencerkan vaksin sebelum disuntikkan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.