Dark/Light Mode

Masyarakat Nggak Usah Pilih-pilih Ya

Semua Jenis Vaksin Aman, Halal Dan Berkhasiat

Selasa, 24 Agustus 2021 08:20 WIB
Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin Pfizer dosis pertama kepada Ibu hamil di Puskesmas Cilandak, Jakarta, Senin (23/8/2021). (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin Pfizer dosis pertama kepada Ibu hamil di Puskesmas Cilandak, Jakarta, Senin (23/8/2021). (Foto: Dwi Pambudo/RM)

 Sebelumnya 
Menurut Widyawati, sebanyak 1.560.780 juta dosis vaksin Pfizer telah tiba di Indonesia Kamis (19/8) melalui skema pembelian langsung. Secara bertahap, akan ada 50 juta vaksin Pfizer tiba di Indonesia tahun ini. Dalam waktu dekat, vaksin Pfizer akan didapatkan secara gratis melalui skema GAVI/Covax sebanyak 4,6 juta dosis.

Vaksin Pfizer telah memperoleh Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM pada 14 Juli 2021, sehingga bisa langsung disuntikkan kepada masyarakat. Pada dasarnya, vaksin ini untuk masyarakat umum yang belum pernah menerima vaksin Covid-19.

Baca juga : Semua Merk Vaksin Covid Aman Dan Efektif

Meski terdapat beberapa jenis vaksin di Indonesia, namun Kemenkes mengimbau masyarakat untuk tidak pilih-pilih. Karena, Pemerintah telah menjamin keamanan, kehalalan dan khasiat dari vaksin Covid-19 yang digunakan.

“Pemerintah terus mendatangkan vaksin terbaik dari berbagai produsen. Namun kembali saya tekankan, jangan pilih-pilih vaksin,” imbau Widyawati.

Baca juga : Sertifikat Vaksin Syarat Warga DKI Beraktivitas

Cepat Kedaluwarsa

Selain Pfizer, Pemprov DKI sebelumnya telah memulai vaksinasi Covid-19 dengan jenis Moderna sejak Jumat (20/8). Terdapat 35 fasilitas kesehatan di Jakarta yang melayani vaksinasi Moderna. DKI mendapat alokasi 200.060 dosis vaksin Moderna.

Baca juga : Masyarakat Adat Ciptagelar Sukabumi Antusias Mengikuti Vaksinasi

Vaksin Moderna diperuntukkan bagi masyarakat umum yang belum mendapat vaksin Covid-19 serta tidak dapat menerima vaksin jenis Sinovac maupun Astra­Zeneca karena alasan kesehatan. Khususnya kelompok immunocompromised. Sama dengan Pfizer, vaksin Moderna harus segera disuntikkan karena memiliki masa expired lebih cepat dari vaksin Covid-19 jenis lain. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.