Dark/Light Mode

Turunkan Harga Bawang Putih

Kementan Sudah Operasi Pasar di 40 Pasar di DKI

Jumat, 10 Mei 2019 11:37 WIB
Operasi pasar bawang putih Kementan di Pasar Petojo Ilir, Jakarta, Jumat  (10/5). (Foto: Humas Kementan)
Operasi pasar bawang putih Kementan di Pasar Petojo Ilir, Jakarta, Jumat (10/5). (Foto: Humas Kementan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pertanian (Kementan) terus melakukan operasi pasar untuk menekan harga bawang putih. Selama lima hari, Kementan sudah menggelar operasi pasar di 40 pasar di DKI Jakarta. Jumlah bawang putih yang digelontorkan sudah mencapai 200 ton. 

Bawang putih dalam operasi pasar ini dijual Rp 25 per kilogram. Di setiap operasi pasar, masyarakat begitu antusias untuk membeli.

Baca juga : Darmin Cs Pangkas Tarif Penerbangan

Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Kementerian Pertanian Ditjen Hortikultura Kementan Moh Ismail Wahab menyebut, operasi pasar serentak yang terus dilakukan untuk mempercepat proses stabilisasi pasokan dan harga bawang putih di pasar.

"Kementan ingin masyarakat bisa menjalankan ibadah Puasa dan Lebaran nanti dengan tenang dan happy. Kami gelontorkan pasokan bawang putih langsung ke pasar eceran supaya lebih tepat sasaran dan harga juga lebih cepat kembali normal. Tentu tidak serta merta harga turun drastis namun dampak operasi pasar mulai terlihat dan dirasakan," ujar Ismail, Jumat (10/5).

Baca juga : Stabilkan Harga Bawang Putih, Menteri Amran Gelar Operasi Pasar

Dia mengklaim, operasi pasar ini sudah membuahkan hasil. "Nyatanya harga bawang putih hari ini rata-rata seluruh DKI Jakarta mulai bergerak turun sebesar Rp 2.617 per kilogram. Sementara di pasar induk Kramat Jati hari ini rata-rata Rp 30 ribu per kilogram", terangnya.

Ismail menyebut, selain di Jakarta, operasi pasar juga dilakukan di Lampung, Padang, Medan, dan beberapa kota besar lainnya. "Jika trend ini terus berlanjut, saya optimis harga eceran bisa normal di kisaran Rp 30 ribu per kilogram," sambungnya. 

Baca juga : Ma’ruf Dan Sandi Bakal Kopdar Di Bulan Ramadhan

Di Pasar Petojo Ilir, Tanah Abang Blok G dan Karanganyar, operasi pasar diwarnai antusias pedagang eceran dan kaum ibu rumah tangga. Lien, pedagang eceran di Tanah Abang, mengaku senang dengan adanya operasi pasar ini. Bahkan dirinya mengaku sudah menunggu sejak pagi.

"Timbangannya juga pas, 20 kilogram per karung. Saya timbang sendiri. Insya Allah kalau barang banyak begini harga bisa cepat normal. Bagus kalau ini terus berlanjut," ucap Lien. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.