Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Banyak Yang Nggak Punya KTP

Pemprov Siap Antar Jemput PMKS Ke Tempat Vaksinasi

Kamis, 9 September 2021 06:45 WIB
Ilustrasi tenaga medis menyuntikan Vaksinasi Covid-19 kepada warga di Pasar Ikan Modern Muara Baru, Jakarta Utara. (Foto: Rizki Syahputra/RM)
Ilustrasi tenaga medis menyuntikan Vaksinasi Covid-19 kepada warga di Pasar Ikan Modern Muara Baru, Jakarta Utara. (Foto: Rizki Syahputra/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus menggenjot vaksinasi Covid-19 meskipun capaiannya sudah melebihi target. Salah satunya, membidik Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) DKI Jakarta, Widyastuti mengungkapkan, vaksinasi untuk PMKS kali ini merupakan kelanjutan program. Menurutnya, layanan vaksinasi Covid-19 untuk PMKS telah diberikan oleh Puskesmas di setiap wilayah sejak bulan Mei 2021.

“Layanan vaksinasi (kali ini), berlaku untuk PMKS, beserta keluarganya. Vaksinasi ini bekerja sama dengan lintas organisasi perangkat daerah dan kolaborator. Catatan terakhir, sudah ada 389 orang dari kelompok ini yang sudah divaksin,” kata Widyastuti di Kantor Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Jakarta Pusat, kemarin.

Baca juga : Airlangga Minta Pemerintah Papua Percepat Realisasi Anggaran Covid-19

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi DKI Jakarta, Premi Lasari menambahkan, total PMKS yang menjadi binaan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) di DKI Jakarta tercatat 2.163 orang. Ditegaskannya, pihaknya akan terus mendukung program vaksinasi bagi PMKS dan masyarakat marginal, untuk memperkecil peluang penularan Covid-19.

“Kami berupaya membantu sesuai peran dan wilayah kerja yang menjadi bagian Dinas Sosial,” tegasnya.

Pendataan keikutsertaan vaksinasi bagi PMKS dilakukan Dinsos Provinsi DKI melalui Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) dan mencocokkannya dengan data kependudukan di Dinas Dukcapil.

Baca juga : Siap-siap Sekolah Tatap Muka, Pemerintah Genjot Percepatan Vaksinasi Pelajar

Premi menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi ini dilakukan melalui berbagai cara. Ada yang vaksinatornya mendatangi langsung tempat tinggal mereka, seperti yang berlangsung di daerah Mangga Ubi, Jakarta Barat.

Kegiatan vaksinasi bekerja sama dengan Unit Pengelola Angkutan Sekolah Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI dengan cara membawa dan menjemput para PMKS dan warga marginal ke lokasi vaksin. Lokasi vaksinasi yang telah disiapkan berada di Pasar Ikan Modern, Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara. Dan, kampung pemulung di Rawa Terate, Jakarta Timur.

“Kami akan terus berkoordinasi dengan pihak lain untuk mempermudah pelaksanaan vaksinasi. Ke depan, pelaksanaan vaksinasi akan diupayakan lebih dekat dengan tempat tinggal atau tempat aktivitas PMKS,” imbuhnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.