Dark/Light Mode

Banyak Yang Nggak Punya KTP

Pemprov Siap Antar Jemput PMKS Ke Tempat Vaksinasi

Kamis, 9 September 2021 06:45 WIB
Ilustrasi tenaga medis menyuntikan Vaksinasi Covid-19 kepada warga di Pasar Ikan Modern Muara Baru, Jakarta Utara. (Foto: Rizki Syahputra/RM)
Ilustrasi tenaga medis menyuntikan Vaksinasi Covid-19 kepada warga di Pasar Ikan Modern Muara Baru, Jakarta Utara. (Foto: Rizki Syahputra/RM)

 Sebelumnya 
Antar Jemput

Vaksinasi Covid-19 bagi PMKS di Jakarta Barat (Jakbar) yang semula akan digelar pada September 2021 ditunda ke bulan Oktober. Karena, banyak PMKS tidak punya Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Baca juga : Airlangga Minta Pemerintah Papua Percepat Realisasi Anggaran Covid-19

“Kami mendata dulu. Karena, setelah kami cek di lapangan, banyak yang nggak punya identitas sama sekali,” ungkap Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakbar Tamo Sijabat, awal September lalu.

Para petugas Satpol PP di tingkat kecamatan dan kelurahan kini tengah mengumpulkan data PMKS di Jakbar. Data yang sudah dikumpulkan akan dicocokkan dengan data Dukcapil. Jumlah PMKS di Jakbar yang akan menerima vaksinasi Covid-19 ditargetkan mencapai 4.000 orang. Teknis vaksinasinya, petugas akan menjemput PMKS untuk diantarkan ke gerai dan sentra vaksinasi Covid-19. Setelah selesai, petugas akan mengantar kembali PMKS ke tempat tinggalnya masing-masing oleh petugas.

Baca juga : Siap-siap Sekolah Tatap Muka, Pemerintah Genjot Percepatan Vaksinasi Pelajar

“Warga yang menerima vaksin juga nanti akan diberikan sembako. Pada intinya, semua pihak yang akan terlibat sudah siap. Tinggal menunggu data lengkap saja, kalau sudah ada, tinggal jalan,” yakin Tamo.

Sebagai informasi, proses vaksinasi di DKI Jakarta masih terus berlangsung. Data per Selasa (7/9) untuk Vaksinasi Program, total dosis 1 saat ini sebanyak 9.936.109 orang (111,1 persen). Sedangkan, total dosis 2 kini mencapai 6.352.981 orang (71,1 persen). Kemudian, capaian vaksinasi untuk anak usia 12-17 tahun, untuk dosis 1 telah dilakukan sebanyak 83,3 persen dan untuk dosis 2 sebanyak 63,3 persen. Sedangkan warga usia 18-59 tahun, untuk dosis 1 telah dilakukan sebanyak 118 persen dan vaksinasi dosis 2 sebanyak 71,4 persen.

Baca juga : Ayo, Yang Belum Punya KTP Atau NIK Buruan Vaksin

Sedangkan, pada kelompok lansia, vaksinasi dosis 1 telah dilakukan sebanyak 87,9 persen dan vaksinasi dosis 2 sebanyak 76,3 persen. Sementara Vaksinasi Gotong Royong, untuk dosis 1 telah diberikan kepada 202.890 orang dan dosis 2 sebanyak 170.278 orang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.