Dark/Light Mode

KPU dan Bawaslu Wajib Pastikan PSU Berjalan Tanpa Pelanggaran

Senin, 22 April 2019 13:24 WIB
Ketua DPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. Pribadi)
Ketua DPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. Pribadi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta KPU dan Bawaslu memastikan pemungutan suara ulang (PSU) di berbagai daerah berjalan lancar. Jangan lagi ada  pelanggaran atau kesalahan dalam PSU itu.

"KPU, KPUD, dan Bawaslu harus memastikan wilayah yang akan menjalani pemungutan suara ulang dilaksanakan sesuai dengan waktu yang telah disepakati. Kemudian memastikan tidak adanya lagi pelanggaran maupun kesalahan dalam pelaksanaan Pemilu," kata politisi yang akrab disapa Bamsoet ini seperti dikutip antaranews.com, Senin (22/4).

Baca juga : Tak Ada Korban Dalam Kebakaran di Pasar Tanah Abang

Permintaan Bamsoet ini terkait PSU yang akan dilakukan di sejumlah daerah seperti Banten, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, Jambi, dan Papua. PSU itu disebabkan beberapa faktor. Seperti keterlambatan kedatangan logistik Pemilu, bencana alam, atau adanya pelanggaran administrasi saat pemungutan suara.

Bamsoet meminta KPU berkoordinasi dengan aparat Kepolisian dalam mengawasi dan menjaga jalannya PSU. Agar PSU berjalan dengan tertib, aman dan lancar.

Baca juga : KPU Dan Bawaslu Kudu Kawal Suara Rakyat

Untuk masyarakat, dia berharap tetap antusias melaksanakan PSU. "Saya mengimbau kepada masyarakat yang ikut serta dalam pemungutan suara ulang agar dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik dan benar. Serta untuk tidak mudah terprovokasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab," ujarnya.

Dia juga meminta Bawaslu dan KPU mengevaluasi berbagai permasalahan yang terjadi di Pemilu 2019. Kemudian, memastikan hasilnya tetap berdasarkan asas Pemilu yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

Baca juga : Bawaslu Jabar Akan Tindak Akun ASN Berbau Kampanye

Politisi Partai Golkar ini juga meminta KPU dan Bawaslu bekerja dengan prinsip transparan, berintegritas, profesional, dan menjaga independensi. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.