Dark/Light Mode

Hari Ini, Jakarta Gelar Vaksinasi Untuk WNA Pencari Suaka

Anies: Ini Kerja Luar Biasa, Tugas Kemanusiaan

Kamis, 7 Oktober 2021 21:50 WIB
Gubernur DKI Jakarta saat meninjau vaksinasi untuk WNA pencari suaka di GOR Bulungan, Jakarta, Kamis (7/10). (Foto: Instagram)
Gubernur DKI Jakarta saat meninjau vaksinasi untuk WNA pencari suaka di GOR Bulungan, Jakarta, Kamis (7/10). (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur DKI Jakarta menegaskan, pandemi Covid-19 merupakan permasalahan kemanusiaan lintas bangsa dan wilayah.

Virus Covid-19 dapat menular pada siapa saja. Tak peduli WNI atau WNA, termasuk para pencari suaka.

"Ini masalah umat manusia. Semua harus mendapatkan perlakuan sama dan setara. Kita menyadari persis, bahwa prioritas pertama adalah warga kita. Tetapi, jika ada sebagian yang tinggal di Jakarta tapi tidak tervaksin, maka dampaknya akan ke kita juga," ujar Anies via laman Instagramnya, Kamis (7/10).

Baca juga : Khofifah: Ini Prestasi Luar Biasa, Saya Tunggu Di Grahadi

"Alhamdulillah, mulai hari ini Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) DKI Jakarta dan United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) menyelenggarakan kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk para Warga Negara Asing (WNA) pengungsi dan pencari suaka yang berdomisili di wilayah Jabodetabek," sambungnya.

Vaksinasi untuk para WNA Pengungsi dan Pencari Suaka itu digelar di GOR Bulungan, Jakarta Selatan.

Vaksinasi tahap 1 diberikan kepada 600 akseptor atau 1.200 vaksin (tahap 1 dan 2) dengan vaksin Sinopharm.

Baca juga : DPD Golkar Jakarta Gelar Vaksinasi Massal Periode Kedua

Anies mengungkap, kolaborasi antara Pemprov DKI, Kadin Indonesia dan UNHCR telah dirintis sejak bulan Juli. Kala itu, Pemprov DKI bersurat ke Kementerian Kesehatan, mengusulkan vaksinasi untuk WNA pengungsi dan pencari suaka.

Beruntung, Kadin Indonesia merespon untuk turun tangan menyiapkan vaksin gotong royong. Pemprov DKI menyiapkan regulasi dan vaksinnya. Kemudian, ada pihak swasta SpeedLab yang menyediakan tenaga kesehatan. Serta UNHCR, yang memobilisasi data WNA pengungsi dan pencari suaka.

"Apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam program kolaborasi ini. Ini kerja luar biasa, ini adalah tugas kemanusiaan. Kita tak akan benar-benar terlindungi, bila tidak SEMUA dari kita terlindungi," tutur Anies.

Baca juga : Menkeu: Fungsi KTP Bisa Buat NPWP

Ia menambahkan, warga Jakarta patut bersyukur, karena kita bisa mengayomi serta membantu memberikan rasa aman saudara-saudara kita lintas bangsa terkait vaksinasi ini. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.