Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pembebasan Lahan Mandek

Proyek Normalisasi Sungai Ciliwung Rawan Molor Lagi

Senin, 25 Oktober 2021 07:00 WIB
Foto udara suasana wilayah bantaran sungai Ciliwung di kawasan Bukit Duri, Jakarta. (Foto: Antara/Muhammad Adimaja)
Foto udara suasana wilayah bantaran sungai Ciliwung di kawasan Bukit Duri, Jakarta. (Foto: Antara/Muhammad Adimaja)

RM.id  Rakyat Merdeka - Proyek normalisasi sungai Ciliwung rawan molor lagi. Sebab, proses pembebasan lahannya mandek.

Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Ida Mahmudah mengungkapkan, tidak ada kemajuan dalam pembebasan lahan untuk proyek normalisasi sungai Ciliwung.

“Padahal, Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) sudah uber-uber terus agar bisa mulai pekerjaan (normalisasi),” ungkap Ida, pada akhir pekan lalu.

Baca juga : Mall Bisa Digembok Lagi Lho!

Menurutnya, dalam rapat Komisi D, Dinas Sumber Daya (SDA) Air DKI Jakarta tidak menyebutkan progres pembebasan lahan yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Dia mendorong Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berani mengambil sikap untuk menyelesaikan masalah lahan.

“Saya mendorong Gubernur Anies berani mengambil keputusan untuk menyelesaikan satu pekerjaan besar yang menjadi impian warga DKI Jakarta,” ujar Ida.

Dia meminta, Pemprov DKI tidak sibuk dengan program seremonial yang tidak berdampak besar pada pengendalian banjir. Misalnya, program Gerebek Lumpur. Menurutnya, program itu hanya sekadar pemeliharaan rutin saja.

Baca juga : Masa Depan Makin Kompleks, 3 Hal Ini Harus Dilakukan Para Santri

Sebelumnya, Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Yusmada Faisal memastikan Pemerintah serius menjalankan Program Normalisasi Sungai.

“Pemprov menganggarkan Rp 1 triliun untuk pembebasan lahan dalam Program Normalisasi Sungai dan Waduk,” ungkap Yusmada, Kamis, 23 September 2021.

Selain itu, lanjut Yusmada, program itu telah ditetapkan dalam Instruksi Gubernur Anies Baswedan Nomor 49 Tahun 2021 tentang Penyelesaian Isu Prioritas Daerah Tahun 2021-2022.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.