Dark/Light Mode

Armada Bus Dua Kali Kecelakaan

Dirut Baru Wajib Beresin Keteledoran Transjakarta

Kamis, 11 November 2021 07:10 WIB
Bus Transjakarta Tabrakan Beruntun di Halte Cawang Ciliwung, Jakarta Timur. (Foto: Antara)
Bus Transjakarta Tabrakan Beruntun di Halte Cawang Ciliwung, Jakarta Timur. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Dia menuturkan, direksi Transjakarta maupun operator bus seharusnya melakukan seleksi ketat dalam merekrut pengemudi bus Transjakarta.

“Sopir bus, operator mesin kapal, masinis, pilot, dan lain-lain tidak diperbolehkan dipegang atau dijabat orang yang punya penyakit tertentu untuk menjamin keselamatan. Seharusnya operator bus Transjakarta dan direksi Transjakarta melakukan seleksi ketat. Itu (kecelakaan) akibat keteledoran,” sentil Gilbert.

Baca juga : Kecelakaan Pesawat Saat Mau Konser, Penyanyi Top Brazil Tewas

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengaku, pihaknya telah meminta Transjakarta mengaudit prosedur pengecekan kesehatan para pengemudi di seluruh depo. Terutama saat bertugas mengangkut penumpang di setiap shelter.

“Kami minta Transjakarta audit kembali apakah keseluruhan depo ada upaya cek kesehatan para pengemudi sebelum bertugas,” tutur Syafrin.

Baca juga : Menhub Siapkan Antisipasi Sektor Transportasi

Diingatkannya, pengecekan kesehatan telah diatur dalam Standar Pelayanan Minimum (SPM). Selain kesehatan, juga memuat petunjuk standar operator dalam menyiapkan bus yang layak beroperasi.

“Intinya, SPM itu berisi operator harus menyiapkan bus yang layak operasi, tertib administrasi, teknis, dan sumber daya manusia (SDM),” tegasnya.

Baca juga : Pelaku Usaha Mikro Bakal Berduyun-duyun Ke Bank

Syafrin menegaskan, pihaknya bakal terus melakukan pengawasan ketat terhadap pelaksanaan SPM Transjakarta.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.