Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jadi Salah Satu Penyebab Banjir

Penambahan RTH Di Jakarta Lemot

Sabtu, 13 November 2021 07:10 WIB
Pengunjung berfoto di Ruang Terbuka Hijau (RTH) kawasan Taman Menteng, Jakarta. (Foto: Antara/Dhemas Reviyanto)
Pengunjung berfoto di Ruang Terbuka Hijau (RTH) kawasan Taman Menteng, Jakarta. (Foto: Antara/Dhemas Reviyanto)

 Sebelumnya 
Dengan terjadinya pandemi Corona, lanjutnya, masyarakat mulai menyadari betapa berharganya berada di alam dan pentingnya kawasan hijau sebagai salah satu cara menghilangkan kejenuhan dan kebosanan.

“Jakarta saat ini sangat kekurangan RTH,” ujarnya.

Baca juga : Dukung WSBK, Citilink Siapkan 48 Penerbangan Tambahan Ke Lombok

Lebih Murah

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) berencana memindahkan pemenuhan RTH di DKI Jakarta ke daerah Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Tujuannya, untuk mengatasi persoalan banjir di Jakarta dan memastikan perbaikan lingkungan di wilayah hulu.

Baca juga : Ini Penyebab PS Barito Putera Masih Berkutat Di Zona Degradasi

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menerangkan, pemindahan pemenuhan RTH Jakarta ke wilayah Puncak karena Ibu Kota memiliki keterkaitan dengan daerah sekitarnya.

“Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak dan Ciajur (Bodetabek-Punjur), merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dengan Jakarta. Harus saling mendukung. Karenanya, dibutuhkan RTH yang lebih banyak dan lebih luas,” ujarnya di Balai Kota Jakarta, Kamis (11/11).

Baca juga : Hari Pahlawan, Ini 4 Tokoh Yang Dapat Gelar Pahlawan Dari Jokowi

Politisi Gerindra ini menyebut, pembangunan RTH di Puncak adalah langkah yang bisa dilakukan lebih cepat, mudah dan murah untuk pemenuhan kekurangan 21 persen RTH di Jakarta sebagai wilayah tangkapan air.

“Jakarta berada di daerah dataran rendah. Air kiriman (penyebab banjir) dari daerah-daerah yang lebih tinggi itu bisa diatasi di antaranya memperluas RTH di kawasan hulu. Termasuk pembangunan waduk Cimahi dan Ciawi yang mudah-mudahan akhir tahun ini sudah bisa difungsikan,” terangnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.