Dark/Light Mode

Panglima TNI Dilantik Hari Ini

Andika-Puan Maharani Pasangan Kuat 2024

Rabu, 17 November 2021 08:40 WIB
Jenderal Andika Perkasa dan Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: Istimewa)
Jenderal Andika Perkasa dan Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
“Kalau itu dilakukan Andika, kecintaan rakyat kepadanya akan semakin dalam. Hal itu dapat mendongkrak popularitas dan elektabilitasnya, sebagai modal untuk dilirik partai politik menjadi Capres,” ungkap Jamiluddin.

Kemudian kedua, Andika mampu menciptakan tentara yang humanis tapi tegas dalam bertindak, sehingga rakyat merasa lebih nyaman. Rakyat merasakan terlindungi atas kehadiran tentara. TNI seperti itu dengan sendirinya dapat menyatukan tentara dengan rakyat.

Baca juga : Hari Baik Untuk Andika Masih Dicari Presiden

“Kalau rakyat sudah yakin, maka elektabilitas Andika akan meroket. Ini akan menjadi modal bagi Andika untuk dilirik partai politik mengusungnya menjadi Capres,” kata Jamiluddin.

Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari mengamini bahwa Andika berpotensi menjadi calon presiden. Sama halnya dengan sejumlah tokoh yang saat ini menjabat sebagai gubernur atau menteri. Karena pada akhirnya, kembali ke popularitas dan elektabilitas.

Baca juga : Pelantikan Andika Perkasa Minggu Depan, Jokowi Masih Cari Hari Baik

Untuk menjaga kans Andika, Qodari punya pesan penting. Yakni, jangan sampai program atau manuver politiknya menimbulkan instabilitas. Seperti yang dilakukan Gatot jelang 2019.

Menurut Qodari, manuver Gatot memainkan isu komunis sangat kebablasan. Karena isunya sangat sensitif. “Bahkan boleh dibilang seperti menusuk Pak Jokowi dari belakang. Karena isu komunis kalau diangkat, pasti akan menyerang atau sasarannya PDIP. Mudah-mudahan jangan sampai ada yang seperti itu,” sarannya.

Baca juga : Milan Kandidat Juara, Pioli Ogah Besar Kepala

Terkait kemungkinan duet Andika-Puan, pengamat Politik dari Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo menilai, pasangan ini amat ideal. Kombinasi sipil dan militer, masih muda-muda pula.

“Harus kerja keras nih, soalnya waktunya singkat. Rekam jejaknya, yang pro kepada rakyat, harus semakin dikuatkan setahun ini. Pasangan ini sangat ideal. Kalau strateginya bagus, elektabilitas perlahan naik, pasangan ini akan kuat 2024.” [MEN/FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.