Dark/Light Mode

Jadi Panglima TNI

Andika Rahasiakan Pesan Dari Jokowi

Kamis, 18 November 2021 08:10 WIB
Presiden Jokowi menerima hormat dari Jenderal Andika Perkasa seusai Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/11/2021). (Foto: Biro Pers)
Presiden Jokowi menerima hormat dari Jenderal Andika Perkasa seusai Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/11/2021). (Foto: Biro Pers)

 Sebelumnya 
Usai membaca sumpah, Andika disodori dokumen penting yang harus diteken: berita acara pengangkatan sumpah jabatan Panglima TNI. Tak cuma tekenan Andika, Menko Polhukam Mahfud Md dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto juga membubuhkan tanda tangannya sebagai saksi. Ada juga tekenan Jokowi, di secarik kertas yang menjadi bukti sahnya Andika jadi Panglima TNI.

Jokowi menghampiri Andika, kemudian menyematkan pangkat di kedua bahunya. Kepala negara juga menyerahkan tongkat komando kepada Panglima TNI baru ini.

Pengangkatan jebolan Korps Baret Merah ini sebagai Panglima TNI didasarkan oleh Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 106/TNI Tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI.

Baca juga : Andika Dilantik Jadi Panglima TNI, Ini Pesan Korni

Wajah Andika begitu berseri usai dilantik. Ia beberapa kali melempar senyum kepada awak media. Andika juga tampak berkenan melayani beberapa foto bareng. Salah satunya foto bareng dengan KSAD baru Jenderal Dudung Abdurachman, di kompleks Istana.

Kepada awak media, jebolan Akademi Militer tahun 1987 ini tak muluk-muluk menyampaikan program kerjanya sebagai Panglima TNI baru. Ia mengaku tinggal meneruskan saja, sesuai program kerja TNI yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004.

“Tetapi memang detailnya saja dari tiap-tiap tugas yang perlu sedikit evaluasi dan perbaikan sana-sini,” ujarnya.

Baca juga : Andika-Puan Maharani Pasangan Kuat 2024

Saat ditanya apakah Presiden memberikan pesan khusus? Andika mengiyakan. “Ehm... Ada... He-he-he... ,” ucap Andika, agak gugup lalu menatap istrinya. Tangan kiri Andika juga tampak makin erat menggenggam tangan istrinya, Diah Erwiany yang mendampinginya, ketika ditanya hal itu.

“Tapi itu untuk saya dengan keluarga saya,” sambungnya, yang enggan membocorkan pesan khusus Jokowi itu, kepada wartawan. Istrinya tampak mengangguk-angguk, membenarkan pernyataan suaminya.

“Tapi intinya, saya akan melaksanakan tugas sebaik-baiknya,” tegas Andika. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.