Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cegah Bencana Di Musim Hujan, Ganjar Pranowo Ajak Masyarakat Tanam Pohon

Jumat, 19 November 2021 17:46 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat melakukan penanaman pohon di Cilacap, Jateng. (Foto: Humas Pemprov Jateng)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat melakukan penanaman pohon di Cilacap, Jateng. (Foto: Humas Pemprov Jateng)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo punya cara tersendiri dalam mencegah bencana tanah longsor yang biasanya terjadi di musim penghujan. Salah satunya, dengan menanam pohon. Hal itu seperti dilakukan Ganjar saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Cilacap, Kamis (18/7).

Dia mengunjungi Desa Pesanggrahan untuk melakukan penanaman pohon. Setidaknya ada 3.000 bibit pohon bernilai ekonomi ditanam di lahan milik warga. Ragam bibit tanaman itu antara lain Aren, Gayam, Durian hingga Beringin.

Baca juga : Mau Ikut Vaksinasi, Gubernur Rusli Puji Masyarakat Desa

Selain itu melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ganjar membagikan ribuan bibit pohon untuk kelompok tani hutan di Cilacap. "Bismillahirrohmanirrohim, nyes! Subur makmur, amin," teriak Ganjar saat melakukan prosesi penanaman pohon.

Pada kesempatan itu, Ganjar ingin menyampaikan pesan pada masyarakat agar mulai melakukan penanaman pohon. Selain sudah masuk musim hujan, sebagai upaya pencegahan bencana.

Baca juga : Ganjar Tak Mau Pindah Ke Lain Kandang

"Ini kan musimnya sudah hujan, waktu yang paling bagus untuk menanam. Kayak area ini, meskipun area warga tapi kita lihat kemiringannya saja udah tinggi, yuk kita tanam," tuturnya.

Apalagi bibit tanaman dan pohon yang ditanam hari itu, beberapa di antaranya sudah banyak tidak diketahui orang. Misalnya pohon gayam, yang buahnya bermanfaat untuk sistem pencernaan.

Baca juga : Perhatian Ganjar Pranowo Ke Pejuang Aceh Pocut Meurah Bikin Masyarakat Serambi Mekah Terharu

"Maka mulai tanaman-tanaman langka itu kita tanam sehingga masyarakat bisa tahu dan pasti manfaatnya banyak. Tadi juga ada tanaman aren, itu juga bisa nyerap air yang cukup banyak. Pohon beringin, itu menyerap air juga banyak yang kira-kira nggak ditebang," terang Ganjar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.