Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Isu Reshuffle Belum Surut

Hanya Ada 1 Rabu Pon, Di Tanggal 8 Desember

Senin, 22 November 2021 08:56 WIB
Reshuffle kabinet/Ilustrasi (Kartun: Mice)
Reshuffle kabinet/Ilustrasi (Kartun: Mice)

RM.id  Rakyat Merdeka - Reshuffle kabinet diisukan akan dilakukan bareng dengan pelantikan Panglima TNI, Rabu pekan lalu, tapi ternyata tidak terjadi. Apakah reshuffle akan dilakukan bulan depan? Nggak pasti juga. Namun, kalau patokannya Rabu Pon yang merupakan hari favorit Presiden Jokowi, maka di bulan depan hanya ada satu Rabu Pon, yaitu 8 Desember 2021.

Selama ini, Jokowi memang sangat identik dengan Rabu. Paling favorit Rabu Pon. Selama periode kedua ini, Jokowi sudah dua kali reshuffle kabinet. Pertama, 22 Desember 2020. Hari Selasa, tapi sudah memasuki sore hari. Dalam penanggalan Jawa, menurut Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid, saat itu sudah masuk Rabu. Keesokan harinya, Rabu Pon, enam menteri baru dilantik.

Baca juga : Cari Hari Baik, Yes!, Cari Orang Baik, Yes!

Kedua, April 2021. Rabu Wage. Dalam reshuffle ini, Jokowi hanya melantik Bahlil Lahadalia menjadi Menteri Investasi dan menambah tugas Nadiem Makarim menjadi Mendikbudristek. Sementara, Menristek/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro, harus keluar kabinet.

Selama 7 bulan setelah itu, isu reshuffle tak pernah sepi. Apalagi, kini PAN sudah masuk koalisi, tapi belum kebagian “kue” kekuasaan. Desakan masyarakat yang tidak puas dengan kinerja beberapa menteri, juga sangat kuat agar Jokowi segera melakukan kocok ulang kabinet lagi.

Baca juga : Pak Jokowi Tak Bisa Didikte

Isu reshuffle sempat menguat menjelang pelantikan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. Saat itu, ada isu Marsekal Hadi Tjahjanto yang pensiun akan masuk kabinet. Tapi, dalam pelantikan Andika, Rabu pekan lalu, tidak ada reshuffle. Isu itu pun hanya menjadi isapan jempol.

Lalu, kapan Jokowi akan melakukan reshuffle? Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin, yang biasanya punya bocoran, mengaku belum mendapat info. "Sampai hari ini belum ada kabar sama sekali," kata Ngabalin, kepada Rakyat Merdeka, tadi malam.

Baca juga : Tanggapi Reshuffle, Demokrat Ogah Kalau Ditawari Posisi Menteri

Ia juga menggeleng ketika ditanya kemungkinan reshuffle kembali digelar berdasarkan penanggalan Jawa yakni Rabu Pon atau bukan. "Apakah hitungan Jawa atau hitungan apa, kita juga belum tahu," sambung politisi Partai Golkar itu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.