Dark/Light Mode

Kisah John Lobo, Guru Katolik Yang Ikut Bangun Masjid Di Mojokerto

Senin, 22 November 2021 18:08 WIB
John Lobo (berkaus hitam) turut serta melakukan kerja bakti pembangunan masjid. (Foto: Dok. Kemenag)
John Lobo (berkaus hitam) turut serta melakukan kerja bakti pembangunan masjid. (Foto: Dok. Kemenag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai seorang pemeluk agama Katolik,Yohanes tak pernah membayangkan akan menjadi bagian Panitia Pembangunan Masjid.

Tapi jalan kehidupan, nyatanya membuat Yohanes terlibat dalam pembangunan Masjid Sirathal Mustaqim, yang terletak di RW 13, Desa Japan, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto pada Juli 2018.

Baca juga : Bertemu Direksi Ajaib Group, Kapolri Dorong Investasi Di Indonesia

Pengalaman ini berawal dari tugas Yohanes selaku Ketua Rukun Tetangga (RT) 07/RW 13, Desa Japan. Di desa ini, guru agama Katolik di SMAN 2 Mojokerto ini yang terlahir dengan nama Yohanes Donbosco Lobo biasa disapa dengan John Lobo. Warga RT 07 telah memilih Johanes sebagai Ketua RT sejak 2018.

Sebagai Ketua RT, tak heran kalau Johanes kerap hadir dalam Rapat Rukun Warga (RW). Ia juga sering terlibat dalam berbagai kegiatan pemerintahan baik di tingkat RW maupun desa, seperti kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrengbangdes).

Baca juga : KPK Angkut Barang Bukti Dokumen

Mulai dari sosialisasi berbagai kebijakan daerah, cara penanganan masalah sampah, pembangunan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), hingga pembangunan masjid. Pengalaman yang terakhir ini, tak akan Johanes lupakan.

"Ini sangat berkesan bagi saya yang sehari-hari berdinas sebagai Guru Agama Katolik di SMA Negeri 2 Kota Mojokerto. Di Desa Japan ini, saya betul-betul merasakan bagaimana kehidupan masyarakat yang sangat inklusif," ujar Johanes seperti dilansir situs Kemenag.go.id.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.