Dark/Light Mode

Inovasi Ganjar Bangun Rumah Warga Miskin Dapat Perhatian Nasional

Rabu, 24 November 2021 15:35 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Pemprov Jateng)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Pemprov Jateng)

 Sebelumnya 
Sejauh ini, inovasi aplikasi ini sudah ditiru beberapa provinsi dan daerah. Antara lain Provinsi Kalimantan Utara, Kabupaten Blora, dan Brebes. Ganjar menegaskan, pihaknya terus melakukan improvement agar aplikasi ini bisa lebih baik dari sekarang.

"Tapi niatan dari inovasi ini adalah bagaimana inovasi menyelesaikan persoalan yang ada di setiap sektor dan subsektor di jawa tengah," ucap dia.

Baca juga : ASABRI Kasih Santunan Ke Ahli Waris Sertu Ari Baskoro

Program Jateng Gayeng Mbangun Omah Bareng ini juga memfasilitasi pembangunan rumah warga miskin. Yakni, lewat program Tuku Lemah Oleh Omah.

Pemprov Jateng memfasilitasi pembelian tanah melalui kredit mikro BPR BKK Jawa Tengah. Pemprov juga memfasilitasi pembentukan kelompok masyarakat (pokmas) untuk penyiapan pembangunan rumah.

Baca juga : Pintu Baja Ringan Rumah Makin Diminati Masyarakat Indonesia

Selain itu juga memfasilitasi pembangunan rumah melalui bantuan sosial stimulan rumah sederhana sehat. Tujuan program ini mengurangi angka backlog rumah di Provinsi Jateng dengan sasaran masyarakat miskin non-bankable yang tidak memiliki rumah.

Program itu diwujudkan dalam bentuk bantuan sosial stimula ln pembangunan rumah bagi keluarga miskin yang belum memiliki rumah dengan tipe 36 sebagai syarat luasan rumah layak huni. Besaran bantuan senilai Rp 35 juta berupa struktur ruspin dan arsitektural.

Baca juga : Blibli Borong Empat Penghargaan Internasional 2021

Pelaksanaan pembangunan rumah baru melalui program dilakukan di enam kabupaten/kota tahun ini. Meliputi Kabupaten Cilacap, Brebes, Kendal, Purbalingga, Jepara, dan Kota Magelang. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.