Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Freedom Institute : Goenawan Mohamad Sosok Inspirasi Bagi Anak Muda

Senin, 29 November 2021 23:20 WIB
Direktur Eksekutif Freedom Institute, Rizal Mallarangeng
Direktur Eksekutif Freedom Institute, Rizal Mallarangeng

RM.id  Rakyat Merdeka - Penulis sekaligus kritikus sastra Goenawan Mohamad adalah tokoh intelektual Indonesia yang secara konsisten selama 40 tahun, menyiram benih-benih kesadaran civic culture kepada generasi terpelajar Indonesia.

Bahkan Geonawan Mohamad dianggap sosok yang selalu memberikan inspirasi kepada kalangan muda dalam setiap tulisannya.

Demikian penilaian sejumlah kalangan dalam acara bedah buku bertajuk “Membicangkan Pembentuk Sejarah: Pilihan Tulisan GM” yang diselenggarakan Freedom Institute di Jakarta, Senin (29/11).

Dalam acara itu hadir Wakil Presiden ke-11, Profesor Boediono, pengamat politik Fachry Ali, Direktur Eksekutif CSIS Philips J Vermonte, Budayawan Ayu Utami dan pengamat ekonomi M Chatib Basri.

“Tulisan Mas Gun (Goenawan Mohamad-red) luas sekali dan semua aspek disentuh dengan beliau. Hal itu jarang kita jumpai intelektual yang memandang luas dan saya merasakan sangat mendapatkan pencerahan atas tulisan-tulisan beliau,” kata Boediono.

Boediono bercerita bahwa dirinya sudah mengenal dekat dengan Goenawan Mohamad sejak 12 tahun lalu.

Baca juga : Penyintas Diminta Gencarkan Sosialisasi Kanker Payudara

“Tapi selama 12 tahun atau tahun pertama beliau selalu memberikan inspirasi. Bahkan saat saya diusungkan jadi wapres dan Mas Gun menjadi volunteer mendukung saya sebagai calon wapres waktu itu,” ujarnya.

Seperti diketahui, buku ini menyajikan sebagian tulisan Goenawan Mohamad tentang sejumlah negarawan, cendekiawan, maupun sastrawan.

Buku berjudul Pembentuk Sejarah Pilihan Tulisan Goenawan Mohamad diterbitkan sebagai bagian dari serangkaian buku yang diluncurkan untuk merayakan 80 tahun Goenawan Mohamad, sekaligus menghimpun tulisan-tulisanya secara tematik.

Direktur Eksekutif Freedom Institute, Rizal Mallarangeng mengatakan Goenawan Mohamad adalah penulis yang produktif.

Sampai-sampai Rizal Mallarangeng, dalam epilog buku ini, berani menyandingkannya dengan Winston Churchill, mantan Perdana Menteri Inggris sekaligus peraih Hadiah Nobel Sastra.

Kata Rizal, Goenawan Mohamad (GM) diperkirakan telah menulis sebanyak 4 juta kata. Sementara itu, Churchill telah menghasilkan 6 juta kata dalam 37 jilid buku.

Baca juga : Mohamad Hekal Ingin Modal Usaha UMKM Dipermudah

Namun Churchill menulis di tengah masyarakat yang telah kental dengan sejarah intelektual dan kesusastraan.

“Sementara GM sangat berbeda. Dia tumbuh dalam masyarakat yang masih didominasi tradisi lisan. Saya tidak tahu kapan capaian seperti ini bisa didekati oleh penulis lain di negeri kita,” ujar Rizal.

Cara pandang persepsi dari cita rasa Goenawan Mohamad, lanjut Rizal, sangat baik dalam melihat para tokoh yang ada.

“Saya kira kita pantas merayakan dan mengingatkan kalau kita punya penulis terbaik. Kita punya Tantular modern dan Prapanca modern. Sebagai sahabat, Mas Gun sosok yang menyenangkan dan sebagai penulis Mas Gun membanggakan,” katanya.

Rizal menilai narasi yang disampaikan Goenawan Mohamad dalam tulisan-tulisannya sangat berpengaruh seperti angin yang dapat menggoyangkan pohon.

“Seperti Pohon bergoyang tapi kita tidak tahusiapa yang goyangkan pohon seperti itulah narasi dari Mas Gun,” ujarnya.

Baca juga : Sore Ini Muhammad Kece Tiba Di Bareskrim, Bakal Langsung Ditahan

Goenawan Mohamad yang hadir dalam acara itu mengucapkan terima kasih atas apresiasinya terhadap buku yang merupakan sumbangsih bagi masyarakat luas dan anak muda Indonesia. 

“Terima kasih saya ucapkan, jujur ide tulisan ini dari Celi (Rizal Mallarangeng-red). Jangan-jangan ide pembuatan buku ini dari Celi juga,” kata Goenawan Mohamad.

Goenawan Mohamad menilai pertemuan dengan anak-anak muda sangat penting sebagai sarana pertukaran pemikiran untuk bisa menumbuhkan harapan-harapan mengenai masa depan.

“Perlu bertemu dengan anak-anak muda, karena banyak bertemu dengan anak muda akan menumbuhkan harapan,” pungkasnya. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.