Dewan Pers

Dark/Light Mode

Waspada Covid-19 Omicron, Legislator DKI Minta Rumah Sakit Siaga

Senin, 29 Nopember 2021 18:57 WIB
Waspada Covid-19 Omicron, Legislator DKI Minta Rumah Sakit Siaga

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota DPRD DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak minta warga yang melakukan perjalanan dari luar negeri menjalani karantina selama 14 hari atau lebih dan Rumah sakit pun harus disiagakan.

Hal ini menyusul terdeteksinya varian baru Covid-19, yakni varian Omicron atau B.1.1.529 asal Afrika Selatan, yang disebut mempunyai tingkat penyebaran sangat tinggi.

Berita Terkait : Omicron Bikin Rupiah Tak Berdaya

"Waspada kemungkinan masuknya varian Omicron ke Indonesia dengan menjalani karantina 14 hari atau lebih bagi yang pulang dari luar negeri," kata Gilbert dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (29/11).

Ia pun mendesak Pemerintah agar melakukan pengawasan dari negara tertentu yang sudah terinfeksi varian Omicron seperti di Afrika Selatan. Ia merekomendasikan adanya karantina ketat.

Berita Terkait : Waspadai Varian Omicron, Tutup Perjalanan Internasional

Selain itu, Politisi PDI Perjuangan ini menyarankan agar tiap rumah sakit dilengkapi dengan persiapan yang baik, mengingat situasi saat ini di Indonesia menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

"Keganasan virus covid varian Omicron belum diketahui, juga gejala klinisnya belum diketahui dengan jelas. Akan tetapi virus ini tetap bisa menulari orang yang sudah divaksinasi. Untuk mengantisipasinya, RS dan peralatan kesehatan dipersiapkan dengan baik. Libur Nataru juga bisa menjadi pemicu, karena saat ini pun kasus mulai naik dibandingkan minggu-minggu sebelumnya," tandasnya. [MFA]