Dark/Light Mode

Lewat Transformasi, Erick Dinilai Bawa BUMN Kian Berdaya Saing

Rabu, 1 Desember 2021 19:23 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Antara)
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Berkat Kepemimpinan Kuat Erick 

Narasumber lain, Endang Tirtana menyoroti bahwa kesuksesan transformasi BUMN adalah karena strong leadership atau kepemimpinan yang kuat dari seorang Erick Thohir. Menurut dia, transformasi tidak akan berjalan jika tidak ada political will dan kesungguhan yang kuat.

Misalnya, upaya restrukturisasi dengan merampingkan sejumlah perusahaan BUMN, yang artinya juga merampingkan struktur yang ada di dalamnya. Menurut Endang, hal itu tentunya tidak mudah dilakukan, namun diterobos oleh Erick Thohir.

Baca juga : IBBA 2021, Bentuk Apresiasi Transformasi Merek Dimasa Pandemi

"Makanya tidak heran jika Pak Erick Thohir banyak mendapat kritik tuduhan dari pihak tertentu karena adanya upaya restrukturisasi. Karena ini sebelumnya sudah kronis di dalam tubuh BUMN, lalu datang pak Erick, dengan strong leadership lalu mengubah itu semua," kata Endang.

Menurut Komisaris Semen Baturaja itu, upaya Erick Thohir merampingkan struktur di BUMN juga dalam rangka mendorong agar perusahaan pelat merah itu lebih akuntabel, transparan, dan profesional.

Sementara itu, Silmy Karim membagikan kunci sukses restrukturisasi di PT. Krakatau Steel. Seperti diketahui, perusahaan baja yang terletak di Kota Cilegon itu kini mencapai kinerja positif dan menuai keuntungan setelah delapan tahun lamanya mengalami kerugian.

Baca juga : Disesalkan KPK, Jurnalis Dipenjara Karena Beritakan Kasus Korupsi

Kunci sukses tersebut yakni, pertama,  yang harus dimiliki perseroan untuk sukses dalam restrukturisasi adalah sistem. Kedua, manusia atau sumber daya manusia (SDM). Kedua hal ini, menurutnya dapat dijembatani dengan menghadirkan digitalisasi.

Menurut Silmy, peran digitalisasi ini penting untuk transparansi. Semakin transparan, yang banyak yang mengawasi, semakin transparan proses pengambilan keputusan, Good Corporate Governence otomatis lebih baik.

Selain itu, digitalisasi juga membantu dalam pengambilan keputusan, ketika informasi itu cepat sampai artinya harus mereponnya juga dengan cepat, begitu juga ketika ada peluang harus juga direspon cepat.

Baca juga : Transformasi Digital Harus Kedepankan Semangat Omnibus Law

"Selanjutnya, efisiensi digitalisasi akan memabntu memberikan informasi-informasi dan hal-hal yang kaitannya dengan ruang untuk terjadinya optimalisasi. Apakah itu dalam penggunaan bahan baku, SDM, prasional dan lain sebagainya," tandas Silmy Karim. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.