Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

812 Jokowi Ada Di Sintang

Mimpi Reshuffle Semakin Terkubur

Sabtu, 4 Desember 2021 07:50 WIB
Presiden Jokowi saat memperkenalkan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju. (Foto: Istimewa)
Presiden Jokowi saat memperkenalkan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Lalu, apakah benar Jokowi ke Sintang Rabu 8 Desember? Rakyat Merdeka coba mengkonfirmasi pihak Istana. Baik Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV KSP Ali Mochtar Ngabalin dan Tenaga Ahli Utama KSP Ade Irfan Pulungan tidak merespons. Staf Khusus Menteri Sekretariat Negara Faldo Maldini juga belum bisa memastikan.

Namun sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga mengabarkan, Jokowi bakal mengunjungi Sintang. “Saya baru ke sana Kamis (18/11). Beliau juga menyampaikan mau ke sana. Tapi saya mengatur jadwalnya dulu. Saya mungkin duluan,” katanya.

Lalu, bagaimana nasib reshuffle? Ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar mengatakan, reshuffle kabinet masih sebatas rumor. Wakil ketua DPR itu menjelaskan, jika presiden melakukan perombakan menteri di kabinetnya, biasanya akan lebih dulu mengumpulkan para ketua partai pendukung.

Baca juga : Belum Diajak Bicara Jokowi, PKB: Tanda-tanda Reshuffle Belum Kelihatan

“Sampai detik ini belum ada. Bisa jadi mepet-mepet baru diajak bicara,” ujarnya.

Sementara, pengamat komunikasi politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio menjelaskan, pada dasarnya reshuffle adalah hak prerogatif Presiden. Kunjungannya ke Sintang, bisa memupus reshuffle, bisa juga tidak.

“Kalau reshuffle, terserah Jokowi. Tapi bila memang reshuffle akan dilakukan Rabu, maka ya akan dilakukan. Tinggal pulang aja ke Jokowinya,” ulas pria yang akrab disapa Hensat ini, saat dihubungi tadi malam.

Baca juga : Reshuffle 812 Semakin Hot

Lagipula, kata pendiri lembaga survei KedaiKOPI ini, kehadiran Jokowi ke Sintang memang untuk sebuah kegiatan seremoni peresmian Bandara Tebelian. Sekaligus menunjukkan kepeduliannya kepada rakyat yang terdampak banjir.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno juga membantah rencana reshuffle kabinet pada pekan depan. Ia mengatakan saat ini para menteri masih diminta fokus mengerjakan tugas-tugasnya.

“Pokoknya semua menteri tetap bekerja seperti biasanya, semua wamen tetap bekerja seperti biasanya,” kata Pratikno, Rabu (1/12). [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.