Dewan Pers

Dark/Light Mode

Omicron Sudah Masuk Singapura

Jokowi Ketar-ketir

Sabtu, 4 Desember 2021 08:10 WIB
Presiden Jokowi saat memberikan arahan kepada Kepala Kesatuan Wilayah di Kabupaten Badung, Bali, Jumat (3/12/2021). (Foto: Biro Pers)
Presiden Jokowi saat memberikan arahan kepada Kepala Kesatuan Wilayah di Kabupaten Badung, Bali, Jumat (3/12/2021). (Foto: Biro Pers)

RM.id  Rakyat Merdeka - Virus Covid-19 varian Omicron yang pertama kali muncul di Afrika Selatan itu, mulai mendekat ke negara kita. Negara tetangga Singapura dan Malaysia sudah terpapar virus yang juga dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529 itu. Presiden Jokowi meminta semua pihak waspada. Jokowi khawatir, jika varian ini tak dikendalikan bisa membuat ekonomi rontok lagi.

Negara yang melaporkan kasus infeksi Omicron terus bertambah. Per kemarin, tercatat ada 29 negara yang mengaku sudah kemasukan Omicron. Tiga negara tetangga kita yaitu Australia, Singapura, dan Malaysia, tak luput kemasukan. Kasus infeksi di tiga negara itu merupakan kasus impor.

Berita Terkait : Bamsoet Dukung Jokowi Investasi Harus Indonesia Sentris

Kasus infeksi di Malaysia misalnya, baru terdeteksi, kemarin. Menteri Kesehatan Malaysia, Khairy Jamaluddin menceritakan kronologi masuknya Omicron ke negaranya.

Kata dia, setelah World Health Organization (WHO) memasukkan Omicron dalam varian yang mengkhawatirkan (Varian of Concern/VoC) akhir November lalu, pihaknya melakukan tes ulang whole genome sequencing semua kasus positif Corona dari pelaku perjalanan yang tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) per 11-28 November 2021. Dari pemeriksaan itu diketahui ada kasus infeksi Omicron. Dia adalah mahasiswa asing. Umurnya 19 tahun. Dia diketahui baru melakukan perjalanan dari Afsel ke Malaysia melalui Singapura, 19 November lalu. Pasien ini sudah tidak mengalami gejala lagi. Dari hasil tracing tak ditemukan kasus lain. Jamaluddin pun mengklaim, sejauh ini kasus Omicron di negaranya sudah terkendali.

Berita Terkait : Cegah Omicron, Wapres Minta Pintu Masuk Ke Indonesia Diperketat

Sehari sebelumnya, Kementerian Kesehatan Singapura juga telah mengonfirmasi dua kasus positif varian Omicron di negaranya. Kedua kasus itu, tiba dari Johannesburg, Afsel dengan penerbangan Singapore Airlines SQ479, Rabu lalu.

Kasus pertama ini menyerang warga Singapura berusia 44 tahun yang melakukan perjalanan dari Mozambik dan transit di Johannesburg. Kasus kedua adalah seorang wanita Singapura berusia 41 tahun, yang melakukan perjalanan dari Afsel. Saat ini, kedua pasien sedang menjalani karantina dan dipantau kondisi kesehatannya.

Berita Terkait : Omicron Masuk Singapura, Jokowi Minta Kapolda Perketat Perbatasan

Masuknya Omicron ke negara tetangga kita itu rupanya bikin Presiden Jokowi ketar-ketir. Kegelisahan itu tampak saat eks Gubernur DKI Jakarta itu memberikan arahan kepada Kepala Kesatuan Wilayah di Kabupaten Badung, Bali, kemarin.

Jokowi mengungkapkan, secara umum penanganan Corona di Indonesia sudah membaik. Dunia pun mengakuinya. Jadi, kata dia, boleh saja bangga, namun harus tetap waspada dan hati-hati. Apalagi sekarang ini muncul ancaman varian Omicron.
 Selanjutnya