Dark/Light Mode

Riwayat Semeru, Pertama Meletus Tahun 1818, Endapan Material Vulkaniknya Pernah Tembus 6,4 Juta M3

Sabtu, 4 Desember 2021 20:28 WIB
Riwayat Semeru, Pertama Meletus Tahun 1818, Endapan Material Vulkaniknya Pernah Tembus 6,4 Juta M3

 Sebelumnya 
Saat ini Gunung Semeru berada pada status level II atau Waspada dengan rekomendasi sebagai berikut.

Pertama, masyarakat, pengunjung atau wisatawan tidak beraktivitas dalam radius 1 km dari kawah atau puncak Gunung Semeru dan jarak 5 km arah bukaan kawah di sektor tenggara - selatan. Serta mewaspadai awan panas guguran, guguran lava dan lahar di sepanjang aliran sungai atau lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru.

Baca juga : Luhut: Haram, Perayaan Tahun Baru Yang Munculkan Kerumunan Dalam Jumlah Besar

Radius dan jarak rekomendasi ini akan dievaluasi terus, untuk antisipasi jika terjadi gejala perubahan ancaman bahaya.

Kedua, masyarakat menjauhi atau tidak beraktivitas di area terdampak material awan panas karena saat ini suhunya masih tinggi.

Baca juga : AISI Bidik Penjualan Motor Tahun Depan Tembus 5,4 Juta Unit

Ketiga, perlu diwaspadai potensi luncuran di sepanjang lembah jalur awan panas Besuk Kobokan. Keempat, mewaspadai ancaman lahar di alur sungai atau lembah yang berhulu di Gunung Semeru, mengingat banyaknya material vulkanik yang sudah terbentuk.

Terkait perkembangan erupsi Gunung Semeru, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau warga untuk tetap waspada dan siaga dengan memperhatikan rekomendasi yang telah dikeluarkan oleh PVMBG.

Baca juga : Bank Mandiri Targetkan Pengguna Mobile Banking Tembus 16 Juta Orang

BNPB terus memantau dan melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat dalam penanganan darurat erupsi. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.