Dark/Light Mode

Monumen Pahlawan Covid-19 Diresmikan

Akhir Tahun Ini, 50 Persen Warga Komplit Vaksinasi...

Minggu, 5 Desember 2021 07:00 WIB
Wapres Maruf Amin bersama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meresmikan Monumen Pahlawan Covid-19, di Bandung, Sabtu (4/12/2021. Monumen ini dibangun sebagai penghargaan bagi masyarakat yang wafat akibat Covid-19. (Foto: Twitter/Kiyai_MarufAmin)
Wapres Maruf Amin bersama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meresmikan Monumen Pahlawan Covid-19, di Bandung, Sabtu (4/12/2021. Monumen ini dibangun sebagai penghargaan bagi masyarakat yang wafat akibat Covid-19. (Foto: Twitter/Kiyai_MarufAmin)

 Sebelumnya 
Wapres pun menyatakan, pandemi Covid-19 berdampak kepada kehidupan manusia. Selama hampir dua tahun kita berjuang bersama-sama menghadapi pandemi Covid-19, selama itu pula, kita telah kehilangan banyak saudara kita yang gugur dalam perjuangan dan pengorbanan.

Termasuk, para tenaga kesehatan dan masyarakat akibat Covid-19. Monumen Pahlawan Covid-19 tersebut, lanjutnya, merupakan pengingat sejarah bahwa Indonesia pernah melewati ujian besar krisis pandemi. “Monumen Pahlawan Covid-19 ini adalah pengingat bahwa bangsa kita pernah melewati ujian besar. Pemerintah dan masyarakat Indonesia menghadapi ujian itu dan saling percaya,” jelasnya.

Baca juga : Awas, Mafia Karantina Beraksi Lagi

Monumen Pahlawan Covid-19 tersebut berada di komplek Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, yang berada di seberang Lapangan Gasibu.

Terdapat 281 nama tenaga kesehatan, aparatur sipil negara (ASN) dan relawan Covid-19 yang meninggal dunia saat menjalankan tugas dalam penanggulangan pandemi.

Baca juga : Cuma Mau Ingetin, Waspadalah...

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, peresmian Monumen Pahlawan Covid-19 tersebut bertujuan untuk menghargai para petugas garda depan penanganan pandemi di Indonesia, khususnya di Jawa Barat.

Gagasan membangun Monumen tersebut muncul pada saat pembangunan plaza selamat datang di komplek Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat. Pencantuman 281 nama warga Jawa Barat di Monumen tersebut bertujuan untuk memperingati jasa mereka karena telah berjuang dalam penanganan pandemi Covid-19. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.