Dewan Pers

Dark/Light Mode

Sigap Tangani Dampak Letusan Semeru, PMI Turunkan Bantuan Personel Dan Hagglund

Minggu, 5 Desember 2021 23:14 WIB
Ketua Umum PMI Jusuf Kalla mengecek paket bantuan yang akam dikirim untuk korban letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Minggu (5/12). (Foto: Dok. PMI)
Ketua Umum PMI Jusuf Kalla mengecek paket bantuan yang akam dikirim untuk korban letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Minggu (5/12). (Foto: Dok. PMI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Palang Merah Indonesia (PMI) mengirimkan sejumlah bantuan untuk membantu penanganan dampak erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12).

Bantuan berupa kebutuhan dasar dikirimkan PMI dari Gudang Darurat Nasional di Jakarta dan Gudang Regional Gresik.

 

Berita Terkait : Nggak Pake Lama, Khofifah Ekstra Gercep Tangani Dampak Letusan Semeru

Selain itu, PMI juga mengerahkan relawan untuk melakukan kaji cepat (assesment) kebutuhan serta evakuasi masyarakat sekitar.

Ketua Umum PMI Muhammad Jusuf Kalla (JK) menerangkan, Tim Logistik PMI telah mengirimkan bantuan tersebut pada Sabtu (4/12) malam.

Untuk melengkapi respon yang sudah diberikan, PMI Pusat juga telah menggelar rapat koordinasi dengan PMI Provinsi Jawa Timur, Minggu (5/12/2021).

Berita Terkait : BNPB Janjikan Rumah Baru Plus Duit Bulanan 500 Ribu

"Kami sudah menyiapkan sejumlah langkah dalam respon erupsi Semeru ini. Yang utama, kami mengirimkan kebutuhan dasar dulu, sesuai hasil kaji cepat. Kemudian evakuasi, layanan kesehatan, dan juga pendampingan pengungsi," terang JK.

Pada tahap awal pengiriman bantunan, PMI mengirimkan paket kebersihan sebanyak 200 pcs, 50 helai terpaulin, 200 selimut, 100 matras, 50.000 masker bedah, 20.000 masker kain, 2.000 pelindung wajah (face shield), 6 unit tenda, 7 unit truk tangki air, serta 350 pcs pakaian baru.

"Dari (PMI) Jawa Timur dan Jakarta (Pusat) akan bantu, 2 unit kendaraan Haglund, family kit dan sebagainya. Insya Allah permintaan itu akan dipenuhi. Dana juga akan kami transfer sesuai kebutuhan ," imbuh JK.

Berita Terkait : Optimalkan Penanganan Dampak Letusan Semeru, Khofifah Sigap Koordinasikan Bupati Sekitar

JK juga meminta PMI Jawa Timur menyediakan masakan cepat saji berupa roti atau mie instan. Demi memenuhi kebutuhan makan pagi untuk pengungsi.

"Roti atau mie instan mendesak, siapkan untuk pengungsi. Sambil berjalan operasional dapur umum,"  kata JK.
 Selanjutnya