Dewan Pers

Dark/Light Mode

Varian Baru Sudah Masuk Tetangga Sebelah

Awas, Jangan Kecolongan!

Senin, 6 Desember 2021 07:00 WIB
Ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI). (Foto: Antara)
Ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Varian Omicron sudah masuk di negara tetangga, Malaysia dan Singapura. Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pun mengingatkan, Indonesia harus memperketat perjalanan luar negara dan karantinanya.

Ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Zubairi Djoerban mengingatkan, kondisi di Tanah Air kini sudah sangat bagus. Positivity rate sudah sangat rendah, yakni 1,1 persen. Malah di Jakarta, positivity rate-nya 0,4 persen. Kondisi ini perlu dijaga jangan sampai kebobolan.

Berita Terkait : Pro Kontra Pelabelan Kemasan Pangan Mengandung BPA

Apalagi, meski belum diumumkan secara resmi, namun ada indikasi, penyebaran virus ini sungguh cepat. Zubairi menyebut, di Afrika Selatan, ada 868 kasus pada 23 November. Sehari kemudian, jumlahnya naik menjadi 1.275 kasus.

Lalu, pada 25 November, naik hampir dua kali lipat menjadi 2.465 kasus.

Berita Terkait : Senayan: Tenang, Jangan Panik

Pada 1 Desember, jumlah kasus meroket hingga 8.561 kasus. Sehari kemudian, menjadi 11.535 kasus. Dan terakhir, 3 Desember, ditemukan 16.055 kasus.

“Lonjakan kasus Covid-19 di Afrika Selatan hampir semua (disebabkan) Omicron. Angka ini penting untuk memahami yang mungkin terjadi di dunia kedepannya,” ingatnya.
 Selanjutnya