Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hadapi Varian Covid Omicron

Senayan: Tenang, Jangan Panik

Kamis, 2 Desember 2021 07:00 WIB
Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo. (Foto: Dok. DPR RI)
Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo. (Foto: Dok. DPR RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo mengingatkan pentingnya menjalankan protokol kesehatan (prokes) dalam menghadapi Omicron. Varian baru Covid-19 yang menggegerkan dunia itu ditetapkan sebagai Variant of Concern (VoC) oleh Badan Kesehatan Dunia atau WHO (World Health Organization).

“Pertama, dalam menyikapi kemunculan varian baru yang telah menimbulkan kekhawatiran masyarakat dunia ini, kita tidak boleh panik dan khawatir. Ini penting dan yang utama,” kata Rahmad di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Kasus Korupsi Anak Perusahaan Jakpro Sebelumnya Ditangani KPK

Politisi PDIP ini menjelaskan, pada dasarnya, karakteristik virus adalah bermutasi. Dengan bermutasi, virus bisa menjadi semakin lemah atau juga sebaliknya, semakin kuat. Bila semakin kuat, proses penularannya semakin cepat.

“Melihat karakteristik virus secara biologis, mutasi adalah sebuah keniscayaan. Karena itulah, kita tak punya banyak pilihan, harus menghadapi dengan tenang. Jangan panik,” lanjut politisi asal Boyolali ini.

Baca juga : Hadang Omicron, Kemenhub Tetapkan Syarat Ini Buat Pekerja Migran

Dia pun meminta Pemerintah Indonesia mengikuti rekomendasi WHO serta para epidemiolog dalam mencegah varian baru ini masuk ke dalam negeri.

Indonesia harus berkoordinasi dan bersinergi dengan masyarakat internasional guna meningkatkan pemahaman, antisipasi dan pengendalian Omicron.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.