Dark/Light Mode

Prof. Tjandra Yoga Aditama

Skrining Tuberkulosis Di Pelabuhan, Wujud Konkret Dukung Eliminasi TB 2030

Senin, 6 Desember 2021 08:35 WIB
Prof. Tjandra Yoga Aditama (Foto: Istimewa)
Prof. Tjandra Yoga Aditama (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Ketiga, akan baik kalau berbagai unit seperti universitas, politeknik kesehatan, laboratorium milik pemerintah dan swasta, serta organisasi profesi kesehatan dapat melakukan berbagai kegiatan untuk mendukung eliminasi TB 2030. Dikerjakan bersama-sama Dinas Kesehatan di masing-masing daerah, dan atau Kementerian Kesehatan di tingkat pusat.

Baca juga : Varian B.1.1.529 Masuk Kategori VOC, RI Nggak Boleh Lelet Antisipasi

Tentu saja yang perlu bergerak bukan hanya kalangan kesehatan.

Baca juga : Prof. Tjandra: RI Harus Pimpin Diplomasi Tuberkulosis Internasional Di G20 Dan ASEAN

Prof. Tjandra menegaskan, keberhasilan eliminasi TB akan ditentukan oleh dua hal. Pertama, kerja sama lintas sektor, baik pemerintah pusat dan daerah. Kedua, peran sentral masyarakat, baik melalui berbagai organisasi maupun berbagai lapisan masyarakat luas.

Baca juga : Prof. Tjandra: Presidensi G20 RI Perlu Diisi Dengan Kegiatan Konkret One Health

"Hanya dengan kerja keras kita semualah, TB dapat dieliminasi dari bumi nusantara tercinta," pungkas Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) serta mantan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.