Dark/Light Mode

Penuhi Asupan Makan Pengungsi Semeru, Sahabat Ganjar Dibantu Kaum Emak-Emak Jatim

Rabu, 8 Desember 2021 23:37 WIB
Emak-emak Jawa Timur saat di dapur umum yang didirikan Sahabat Ganjar di Dusun Candipuro Kerajan, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur itu, Rabu (8/12). (Foto: Sahabat Ganjar)
Emak-emak Jawa Timur saat di dapur umum yang didirikan Sahabat Ganjar di Dusun Candipuro Kerajan, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur itu, Rabu (8/12). (Foto: Sahabat Ganjar)

 Sebelumnya 
Humas Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Sahabat Ganjar Indah CH yang turut memantau kondisi dapur umum mengatakan, seluruh kegiatan yang dilakukan Sahabat Ganjar Peduli Bencana ini adalah murni inisiatif, dan sumbangan dana dari relawan di 300 cabang DPC Sahabat Ganjar seluruh Indonesia.

“Kelompok relawan Sahabat Ganjar hingga saat ini sudah memiliki lebih dari 300 cabang di Kota dan Kabupaten seluruh Indonesia. Sehingga kami memiliki respon cepat jika terjadi bencana alam. Teman-teman relawan di daerah lain yang ingin membantu langsung berkoordinasi dengan DPP sehingga bantuan langsung dikoordinasikan untuk dikirim ke lokasi bencana," kata Indah.

Baca juga : Di Hari Kedua, Sahabat Ganjar Salurkan Bantuan Ke Balai Desa Penanggal Lumajang

Dalam kegiatan sebelumnya, Sahabat Ganjar telah menyalurkan sejumlah bantuan yang berupa, makanan siap saji, air mineral, selimut, masker, karpet, vitamin, pembalut, obat-obatan dan baju bertuliskan “Sahabat Ganjar” yang secara langsung diberikan kepada korban erupsi Gunung Semeru.

Selain berupa barang, Sahabat Ganjar juga menyalurkan sejumlah dana bantuan yang diberikan kepada warga terdampak.

Baca juga : Gelar Konsolidasi, Sahabat Ganjar Bali Sepakat Kawal Gubernur Jateng Jadi Pemimpin 2024

Kesit, selaku penanggung jawab Aksi Sahabat Ganjar Peduli Bencana menambahkan, tujuan didirikannya dapur umum untuk menjaga kondisi kesehatan pengungsi melalui asupan makanan bergizi.

"Pemberian makanan ini karena kami ingin masyarakat bisa seperti semula. Dan yang terpenting para korban tidak khawatir soal makanan,” terang Kesit.

Baca juga : Dicurhatin Pengungsi Semeru, Jokowi Janji Segera Bangun Rumah Dan Fasilitas Publik

Hingga Selasa, 7 Desember 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Timur mencatat jumlah korban jiwa mencapai 29 orang. Sedangkan peningkatan jumlah pengungsi akibat erupsi Gunung Semeru, di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, menjadi 3.657 orang.

Dia berharap, dengan bantuan yang diberikan Sahabat Ganjar kepada korban Erupsi Gunung Semeru bisa meringankan para korban yang terkena dampaknya. Harapan lainnya, Sahabat Ganjar di seluruh Indonesia dapat terus memperkuat ikatan tali silaturahmi. [DNU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.