Dark/Light Mode

Nggak Baperan Saat Dikritik

Jokowi Sudah Teruji

Minggu, 12 Desember 2021 06:55 WIB
Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada peresmian pembukaan Kongres Ekonomi Umat Ke-2 Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tahun 2021, di Jakarta, Jumat (10/12/2021). (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)
Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada peresmian pembukaan Kongres Ekonomi Umat Ke-2 Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tahun 2021, di Jakarta, Jumat (10/12/2021). (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

 Sebelumnya 
Gaya Jokowi menanggapi kritik dari pejabat MUI ini ramai diperbincangkan. Seharian kemarin, video Jokowi menjawab kritik petinggi MUI itu, viral di media sosial dan menuai banyak komentar. Banyak yang memuji Jokowi sebagai pemimpin yang tidak alergi terhadap kritik.

Politisi PDIP, Budiman Sudjatmiko mengapresiasi sikap Jokowi yang terlihat elegan menjawab kritik. “Saya senang pak @jokowi menjawabnya. Meski program redistribusi lahan belum ideal, tapi keberaniannya menjawab langsung Anwar Abbas menunjukkan pemahamannya atas isu tersebut. Sesungguhnya kamu tak paham suatu masalah, kecuali kamu berani beragumen langsung,” kata Budiman dalam akun Twitternya, @budimandjatmiko.

Baca juga : Jokowi: Jangan Buat Heboh Di Permukaan

Aktivis Gerakan Koperasi dan Pemberdayaan Ekonomi Rakyat, Zulfery Yusal Koto atau Ferry Koto, juga ikutan berkomentar soal kritik Anwar Abbas yang viral itu. Lewat akun Twitternya, @ferrykoto, dia memuji sikap Jokowi.

“Di alam Demokrasi, lumrah yang dilakukan Buya Anwar Abbas. Patut diapresiasi, ternyata Buya bukan orang yang hanya lantang di media/medsos, tapi jadi kucing jinak saat berhadapan dengan Presiden. Dan Pak @jokowi, ternyata lebih Minang dari orang Minang kebanyakan saat ini, egaliter,” katanya, sambil menyisipkan emoji jempol.

Baca juga : 79 Persen Sampah Plastik Masuk Sungai Dan Laut

Akun @uki123 menilai kurang sreg dengan apa yang disampaikan Anwar Abbas dalam forum tersebut. Namun, ia mengaku senang setelah melihat respons Jokowi yang menjawab kritik dengan data. “Antara Pak Anwar dengan Presiden Jokowi adalah gejala baik dari sebuah fenomena yang bernama demokrasi,” ujarnya. “Keren,” timpal @nnhnf.

Akun @AwanKarnos mengatakan, beginilah pemimpin seharusnya. “Dikritik tidak marah sama sekali tapi memberikan jawaban yang lugas dengan solusi nyata,” ujarnya. “Sungguh bijak presidenku, buat apa kata sambutan ysng penting jawaban yang lugas dan tepat,” tulis Jimmytorus.

Baca juga : Jokowi Ketar-ketir

Di dunia nyata, Stafsus Mensesneg, Faldo Maldini mengatakan, apa yang terjadi di acara MUI tersebut menunjukkan Jokowi terbuka dan tidak takut untuk dikritik. Bahkan Jokowi teruji menghadapi kritik dengan langsung memberikan jawaban.

Faldo mengatakan, apa yang dilakukan Jokowi dengan menjawab kritik adalah tanda Jokowi sudah bekerja. “Yang tidak kerja, takut dikritik. Presiden Jokowi mau dikritik langsung tidak soal. Beliau sudah banyak berupaya,” tegas Faldo kepada wartawan, kemarin. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.