Dark/Light Mode

Siapkan 1.186 Kapal Sambut Nataru

BKS: Awas Cuaca Ekstrem Dan Badai

Senin, 13 Desember 2021 06:50 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi saat memimpin Apel Siaga Kesiapan Angkutan Laut Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, di Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok, Minggu (12/12). (Foto: Dok. BKIP Kemenhub)
Menhub Budi Karya Sumadi saat memimpin Apel Siaga Kesiapan Angkutan Laut Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, di Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok, Minggu (12/12). (Foto: Dok. BKIP Kemenhub)

 Sebelumnya 
Kegiatan Penyelenggaraan Angkutan Laut Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, akan dilak­sanakan mulai H-8 (17 Desem­ber 2021) sampai dengan H+7 (8 Januari 2022).

Bersamaan dengan penye­lenggaraan angkutan laut Nataru ini, dilakukan pula kegiatan pe­mantauan dan pengendalian lalu lintas dan angkutan laut melalui Posko Angkutan Laut Nataru.

Selain mengawasi pengetatan prokes untuk pelayaran do­mestik, pengawasan prokes dilakukan di pintu kedatangan internasional untuk transportasi laut. Yakni di Batam, Tanjung Pinang dan Nunukan menjelang Natal dan Tahun Baru.

Baca juga : Siapkan Strategi, Sahabat Ganjar Mulai Eksis Di NTT

Ngecek Pesawat

Sebelumnya, BKS juga mengecek kelaikan pesawat (ramp check) di bandara-bandara. Salah satunya Bandara Soekarno Hatta (Soetta). Menurutnya, bandara tersibuk di Tanah Air ini ada 700 pergerakan pesawat take off dan landing per hari. Dan sekitar 4.000 orang penumpang kedatangan dari luar negeri.

“Pada masa libur Nataru, ada kecenderungan jumlah penumpang akan naik,” ujarnya.

Baca juga : Waspada! BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem Hantam Wilayah Indonesia Hingga 9 Desember

Untuk itu, dia meminta oto­ritas bandara, operator bandara, maskapai, lembaga navigasi penerbangan, Bea Cukai, Imigra­si, hingga TNI-Polri memastikan pengetatan prokes berjalan baik untuk mencegah penyebaran Covid-19 usai libur Nataru.

“Pastikan mereka yang berang­kat sudah dua kali vaksin, memba­wa hasil negatif tes antigen, meng­gunakan aplikasi PeduliLindungi, memakai masker, menjaga jarak, dan mengikuti ketentuan prokes yang lainnya,” pesan BKS.

BKS memastikan, selama liburan Nataru tahun ini, tidak ada penyekatan. Melainkan pengetatan protokol keseha­tan. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.