Dark/Light Mode

Besok, Bowo Sidik dan Idrus Marham Shalat Ied Di Rutan Guntur

Selasa, 4 Juni 2019 11:42 WIB
Rumah Tahanan Pomdam Jaya Guntur
Rumah Tahanan Pomdam Jaya Guntur

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan kesempatan bagi para tahanannya untuk menunaikan ibadah shalat Idul Fitri 1440 Hijriah, di Masjid Khusnul Khotimah Rumah Tahanan Pomdam Jaya Guntur, Rabu (5/6). 

“Rencananya, para tahanan akan dibawa sekitar pukul 05.30 WIB ke lokasi, untuk pelaksanaan ibadah," ujar Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di Jakarta, Selasa (4/6). 

Baca juga : Megawati dan Puan Maharani Siap Hadiri Pemakaman Ibu Ani

Menurutnya, kebiasaan menyelenggarakan shalat Ied di masjid di rutan itu sudah dilakukan sejak tahun lalu. KPK menyiapkan khatib dan imam untuk memimpin ibadah setahun sekali ini.

Febri menjelaskan, mereka yang akan menjalankan shalat Ied di Rutan Pomdam Guntur hanya tahanan yang berasal dari tiga rutan, yakni Rutan K4 Gedung Merah Putih KPK, Rutan C1 di Gedung KPK Lama, dan Rutan Pomdam Jaya Guntur. 

Baca juga : Bekuk Barca, Si Kampret Dapat Mahkota Piala Raja

Di antara para tahanan itu, ada tersangka kasus korupsi kerja sama pengangkutan pupuk, Bowo Sidik Pangarso, yang merupakan terdakwa kasus suap proyek PLTU Riau-1, Idrus Marham yang tengah mengajukan banding atas putusan 3 tahun penjara, Direktur Utama PT Erni Putra Terari sekaligus terdakwa penyuap hakim Merry Purba, Tamin Sukardi dan terdakwa suap sistem penyediaan air minum (SPAM) Dirut PT Wijaya Kusuma Emindo (PT WKE), Budi Suharto. 

Sementara tersangka kasus suap jual beli jabatan di Kementerian Agama, Romahurmuziy alias Romy, belum dipastikan akan mengikuti shalat Ied. 

Baca juga : Meski Berstatus Tersangka, Bowo Sidik Dulang Suara Di Jateng II

Hingga Senin (3/6) kemarin, eks ketua umum PPP ini masih dibantarkan ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur. Febri belum mendapat informasi terbaru kondisi Romy. Eks Ketum PPP ini dibantarkan untuk kali ketiga ke RS Polri pada Jumat (31/5) pekan lalu, karena mengeluh sakit. Dokter mendiagnosa Romy perlu rawat inap.

Usai shalat Ied, KPK memberikan kesempatan kepada para tahanan untuk bertemu keluarga. Waktu kunjungan diberikan lebih lama bagi tahanan saat Hari Raya Idul Fitri. Selama dua hari Lebaran, keluarga dapat membesuk selama tiga jam. Pada hari pertama dan kedua lebaran yang jatuh pada 5 dan 6 Juni mendatang, keluarga dapat mengunjungi tahanan dari jam 09.00-12.00 WIB. (OKT)
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.