Dark/Light Mode

Minta BRI Tambah Pinjaman Buat UMKM

Top, Erick Bantu Petani Naik Kelas

Selasa, 14 Desember 2021 06:50 WIB
Menteri BUMN, Erick Thohir dan Direktur Utama BRI, Sunarso. (Dok: BRI)
Menteri BUMN, Erick Thohir dan Direktur Utama BRI, Sunarso. (Dok: BRI)

 Sebelumnya 
Ini juga sesuai dengan keinginan Presiden Jokowi yang menargetkan porsi pinjaman ke UMKM mencapai 30 persen pada 2024.

Direktur BRI Sunarso mengatakan, pihaknya akan terus fokus dalam pemberdayaan segmen UMKM. Hingga penghujung kuartal III-2021, penyaluran kredit UMKM BRI tumbuh 12,50 persen secara tahunan, dengan nilai kredit UMKM BRI mencapai Rp 848,60 triliun.

Capaian itu mendorong porsi kredit BRI ke UMKM mencapai 82,67 persen per September 2021.

Baca juga : Erick Dorong RNI dan PTPN Kejar Swasembada Gula

“Selama ini, BRI terus menjalankan peran pemberdayaan UMKM,” kata Sunarso, di kesempatan yang sama.

BRI senantiasa memberikan edukasi berupa pelatihan dan materi terkait ekspansi bisnis. Seperti pembukuan keuangan yang baik, pelatihan usaha dan akses permodalan, hingga pengelolaan bisnis di marketplace online, agar UMKM dapat menembus pasar global.

Selain pembiayaan, lanjut mantan bos Pegadaian ini, BRI juga melakukan kegiatan pemberdayaan klaster binaan dengan menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) petani, agar semakin profesional.

Baca juga : Menteri Teten : Gap Usaha Masih Jadi Kendala UMKM Naik Kelas

Hal ini penting untuk terus meningkatkan keberlangsungan produksi, yang meliputi teknis budidaya, penanganan panen dan pascapanen, pemasaran hingga pengelolaan organisasi.

Terbukti, kata Sunarso, kontribusi kredit BRI pada sektor usaha pertanian jeruk juga terus meningkat. Yakni 10,3 persen secara year to date (ytd).

“Per Desember 2020 jumlahnya Rp 892 miliar, melonjak menjadi Rp 984 miliar per Oktober 2021,” rincinya.

Baca juga : Ibu Kota Negara Pindah, Sandiaga Uno Dorong Kaltim Bangun Pariwisata Nasional

Sunarso mengatakan, pihaknya terus melihat potensi UMKM agar kualitas produk senantiasa meningkat. Terlebih di masa pandemi saat ini, lemon menjadi salah satu jenis buah yang paling dicari karena manfaatnya terhadap kesehatan, khususnya imunitas tubuh.

“Untuk meningkatkan kualitas produk, perlu (mesin) grading sortation. Kami memberikan bantuan mesin grading yang 100 persen buatan lokal, yakni dari Cimahi,” ungkapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.