Dark/Light Mode

Minta BRI Tambah Pinjaman Buat UMKM

Top, Erick Bantu Petani Naik Kelas

Selasa, 14 Desember 2021 06:50 WIB
Menteri BUMN, Erick Thohir dan Direktur Utama BRI, Sunarso. (Dok: BRI)
Menteri BUMN, Erick Thohir dan Direktur Utama BRI, Sunarso. (Dok: BRI)

 Sebelumnya 
Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengatakan, di tengah situasi Covid-19 ini, semakin banyak pelaku UMKM yang membutuhkan pinjaman lunak untuk menyelamatkan atau mengembangkan usahanya.

“Pinjaman dengan bunga cenderung lebih lunak, seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR). Ini menjadi andalan UMKM dibandingkan fasilitas pembiayaan pada umumnya,” ucap Bhima kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Erick Dorong RNI dan PTPN Kejar Swasembada Gula

Bahkan beberapa survei menyebutkan, sekitar 70 persen lebih responden UMKM menginginkan pembiayaan baru dengan bunga lebih rendah untuk memulai usahanya kembali ketika pandemi mereda.

Bhima berharap, nantinya ini dapat mempercepat pemulihan ekonomi, meningkatkan laju lapangan kerja dan mempercepat UMKM yang ingin memanfaatkan momentum digitalisasi selama pandemi.

Baca juga : Menteri Teten : Gap Usaha Masih Jadi Kendala UMKM Naik Kelas

Bhima pun mengapresiasi penyaluran kredit melalui bank-bank milik negara, khususnya BRI. Hal itu bisa ditingkatkan dengan membentuk ekosistem melalui bank BUMN. Salah satunya melalui integrasi/channeling dengan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) atau koperasi. Sehingga realisasinya bisa lebih cepat.

“Jelas, melalui bank Himbara (Himpunan Bank-bank Milik Negara) penyaluran kredit lebih efektif, karena menyentuh sampai ke daerah-daerah terpencil,” katanya.

Baca juga : Ibu Kota Negara Pindah, Sandiaga Uno Dorong Kaltim Bangun Pariwisata Nasional

Khusus BRI, dapat mengandalkan jaringan unit kerjanya yang tersebar dan terbesar di Indonesia. Ditambah lagi dengan kekuatan core business-nya pada segmen UMKM. Berbagai inovasi juga harus terus menerus diperbaharui, sehingga coverage dari KUR-nya bisa lebih besar.

“Apalagi ada 64 juta pelaku UMKM dan sebagian besar masih unbankable, yang masih belum tersentuh oleh akses perbankan,” kata Bhima. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.