Dark/Light Mode

Pasca Gempa Flores, BNPB Terus Distribusikan Logistik Di 2 Kecamatan Terdampak

Senin, 20 Desember 2021 19:53 WIB
Sejumlah tim BPBD Kabupaten Kepulauan Selayar dan polisi melalukan muat barang bantuan logistik di Kabupaten Kepulauan Selayar, Senin (20/12). (Foto: Dok.BNPB)
Sejumlah tim BPBD Kabupaten Kepulauan Selayar dan polisi melalukan muat barang bantuan logistik di Kabupaten Kepulauan Selayar, Senin (20/12). (Foto: Dok.BNPB)

 Sebelumnya 
Sejauh ini, Pemkab Kepulauan Selayar telah memberangkatkan logistik dan peralatan menggunakan tiga jenis kapal yakni kapal motor, kapal cepat atau speed boat dan Kapal TNI AL yang disiagakan untuk membantu penanganan gempabumi di Kepulauan Selayar.

Pengiriman logistik tersebut tentunya bukan perkara mudah. Selain jarak dan waktu tempuh selama kurang lebih 13-18 jam menggunakan kapal menuju ke lokasi terdampak, kondisi cuaca juga berpotensi menjadi faktor kendala pengiriman.

Khusus kapal motor, apabila terjadi cuaca buruk dan gelombang besar, maka kapal harus bersandar sejenak di pulau terdekat dan melanjutkan perjalanan kembali setelah cuaca kembali bersahabat.

Baca juga : Pasca Gempa M7,4 Di Laut Flores, BMKG Laporkan 478 Gempa Susulan

“Kendala dari laut, selain waktu tempuh lama, kapal-kapal ini tidak bisa bersandar karena tidak ada dermaga. Jadi harus ada perahu yang jemput barang,” ungkap Andi Bahar selaku Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Kepulauan Selayar dalam keterangannya, Senin (20/12).

Sesampainya di darat, bantuan tersebut juga tidak bisa langsung diangkut secara bersamaan mengingat tidak ada kendaraan pengangkut dengan kapasitas besar.

 “Sampai di darat juga tidak ada alat angkut. Selain itu bahan bakar juga tidak ada atau langka,” ujar Bahar.

Baca juga : PPLI Distribusikan APD Rescue Untuk Relawan Semeru

BPBD Kabupaten Kepulauan Selayar bersama unsur stakeholder lainnya akan mengirimkan bantuan logistik dari Presiden Joko Widodo dan dari unsur terkait lainnya menggunakan kapal milik TNI AL dari Dermaga Pelabuhan Benteng di Kota Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar. pada Senin (20/12).

Sementara itu, BNPB telah menyiagakan satu helikopter berjenis EC 130 B4 dengan kapasitas angkut 5-7 orang penumpang atau 818 kilogram untuk distribusi logistik dan peralatan serta kebutuhan lain di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Helikopter itu tercatat telah mengirimkan bantuan logistik ke wilayah Kecamatan Pasimarannu selama satu sorti pada Sabtu (18/12).

Baca juga : Kapal Pengangkutan Terbakar, Distribusi Pupuk Di Jateng Tak Terganggu

BNPB juga mengirimkan helikopter kedua berjenis AW 109 PK USM berkapasitas 6 penumpang atau 500 kilogram massa angkut sehingga lebih leluasa untuk distribusi logistik antar pulau kecil. Rencananya helikopter ini dijadwalkan akan mulai beroperasi pada Selasa (21/12). [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.