Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sudirman Said: Budayawan dan Seniman Berperan Penting Perkuat Nilai-Nilai Kemanusiaan

Kamis, 23 Desember 2021 14:58 WIB
Ketua Institut Harkat Negeri (IHN) Sudirman Said. (Foto: Ist)
Ketua Institut Harkat Negeri (IHN) Sudirman Said. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Melakukan refleksi pada hari-hari penting merupakan kebiasaan yang baik. Terlebih, menutup tahun yang masih diliputi pandemi Covid-19. Refleksi dilakukan atas perjalanan yang sudah dilalui, seraya menata hati dan pikiran untuk menempuh perjalanan ke depan.

Padepokan Kalisoga, yang berada di desa Slatri, kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes mengadakan refleksi dalam bentuk Kidung Ruwatan.

Baca juga : Sekjen MPR Ingatkan Pentingnya Pembangunan Karakter Bangsa

Ki Dalang Tarto Wijo Wasito membawakan kidung yang berisi doa-doa dan nasihat untuk terus hidup bermakna. Sejumlah penyair membawakan puisi yang membangun semangat menjaga kepatutan dan moral.

"Hampir dua tahun dunia dilanda wabah dahsyat bernama covid-19. Narasi yang dikumandangkan Ki Dalang Tarto penuh makna agar kita kembali memperkuat nilai-nilai kemanusiaan," ujar Sudirman Said, Ketua Institut Harkat Negeri (IHN), lembaga kajian yang menaungi Padepokan Kalisoga.

Baca juga : Kiai Muda Pesantren Ingatkan Pentingnya Regenerasi

Sudirman mengatakan, krisis seringkali membuka topeng-topeng perilaku kita. Dalam tekanan krisis seperti yang dialami akibat pandemi, watak asli manusia tampil sempurna.

Ada yang menampilkan solidaritas dan kedermawanan, ada yang menampilkan keserakahan dan sikap aji mumpung mengambil kesempatan dalam kesempitan orang banyak.

Baca juga : Pertama Di Serbia, ODICOFF Upaya Peningkatan Perdagangan Pertanian

"Kita menyaksikan banyak kejadian, justru watak saling membantu, solidaritas, kedermawanan ditampilkan oleh kalangan masyarakat kebanyakan. Sebaliknya banyak orang di puncak-puncak kekayaan dan kekuasaan justru menampilkan watak serakah dan aji mumpungnya," tutur pegiat anti korupsi ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.